Khasiat Minyak Kayu Putih, Bantu Redakan Batuk dan Nyeri Sendi

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 16:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 481 2316065 khasiat-minyak-kayu-putih-bantu-redakan-batuk-dan-nyeri-sendi-C71GmzyWmw.jpg llustrasi (Foto: India Mart)

Saat hujan, mungkin Anda merasak kedinginan ketika di dalam rumah. Berbagai cara untuk membantu menghangatkan tubuh bisa Anda lakukan, salah satunya memanfaatkan minyak kayu putih.

Minyak kayu putih berasal dari pohon yang berasal dari negara Australia, yaitu pohon kayu putih atau eucalyptus. Minyak kayu putih yang dapat menyembuhkan permasalahan penyakit umum, berasal dari daun pohon kayu putih yang berbentuk oval.

Untuk mengeluarkan minyak esensial, daun tersebut harus dikeringkan terlebih dahulu, kemudian dihancurkan dan disuling. Setelah minyak diekstraksi, minyak harus diencerkan sebelum dapat digunakan sebagai obat.

Beberapa manfaat minyak kayu putih antara lain, membantu meredakan batuk hingga meredakan nyeri sendi. Selengkapnya, berikut beberapa manfaat minyak kayu putih bagi tubuh, dikutip dari Healthline.

Meredakan batuk

Selama bertahun-tahun, minyak kayu putih telah digunakan untuk meredakan batuk. Saat ini, beberapa obat batuk yang dijual bebas mengandung minyak kayu putih sebagai salah satu bahan aktifnya. Dengan menggosoknya ke dada dan tenggorokan, sudah dapat meredakan gejala batuk dari flu.

Mempermudah untuk bernafas

Untuk yang memiliki riwayat penyakit kesulitan bernafas seperti asma dan sinusitis, minyak kayu putih dapat menjadi solusi untuk mempermudah pernafasan dengan menghirupnya. Minyak bereaksi dengan selaput lendir, tidak hanya mengurangi lendir tetapi juga membantu melonggarkannya sehingga Anda bisa batuk.

Namun, jika memiliki alergi - dengan menghirup minyak kayu putih - dapat memperparah gejala asma.

Disinfeksi luka

Saat ini, minyak yang diencerkan masih dapat digunakan pada kulit untuk melawan peradangan dan mempercepat penyembuhan. Anda bisa membeli krim atau salep yang mengandung minyak kayu putih. Minyak kayu putih ini dapat digunakan pada luka bakar ringan atau cedera lain yang dapat dirawat di rumah.

 Saat hujan, mungkin Anda merasak kedinginan ketika di dalam rumah.

Baca juga: Daftar Orang yang Tidak Bisa Diberikan Vaksin Covid-19, Siapa Saja?

Menyegarkan nafas

Mint bukanlah satu-satunya senjata untuk melawan bau mulut. Karena sifat antibakterinya, minyak kayu putih dapat digunakan untuk melawan kuman penyebab bau mulut yang tidak sedap. Beberapa obat kumur dan pasta gigi mengandung minyak esensial sebagai bahan aktif.

Produk kayu putih juga dapat membantu mencegah penumpukan plak pada gigi dan gusi dengan cara menyerang bakteri penyebab kerusakan gigi.

Meredakan nyeri sendi

Penelitian menunjukkan bahwa minyak kayu putih meredakan nyeri sendi. Faktanya, banyak krim dan salep yang digunakan untuk meredakan nyeri akibat kondisi seperti osteoartritis dan rheumatoid arthritis mengandung minyak esensial ini.

Minyak kayu putih membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan banyak kondisi. Ini juga dapat membantu orang yang mengalami sakit punggung atau mereka yang baru pulih dari cedera sendi atau otot.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini