Kapan Seseorang Disebut Lansia?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 20:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 481 2316160 kapan-seseorang-disebut-lansia-k37mJg8krs.jpg (Foto: FT)

SETIAP orang pasti ingin selalu terlihat awet muda. Biasanya ciri utama penuaan (aging) paling sering terlihat dari perubahan bentuk fisik. Alhasil berbagai upaya dilakukan agar dapat mempertahankan kondisi fisiknya. Namun kondisi alami ini memiliki cakupan yang sangat luas dan tidak hanya terbatas pada perubahan bentuk fisik saja loh.

Dosen Dept Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor, Dr. Rimbawan Ph.D mengatakan penuaan tidak selalu hanya berhubungan dengan berapa kali seseorang berulang tahun (usia). Namun hal ini juga dapat berkaitan dengan seberapa besar perubahan yang terjadi terhadap kebugaran serta cara tubuh bekerja dan bereaksi.

“Ketika Anda merasakan bahwa telah terjadi adanya perubahan pada bagaimana tubuh Anda terlihat, ada perasaan yang berbeda ketika mengamati tubuh. Selain itu ada perubahan fungsi pada tubuh yang berbeda dibandingkan dengan usia Anda sebelumnya. Di situlah Anda mulai merasakan adanya proses penuaan,” terang Dr. Rimbawan, dalam Zoom Meeting Media Briefing e-Wellness Tour 2020 tentang Healthy Aging Survey 2020, Rabu (25/11/2020).

Lebih lanjut, Dr. Rimbawan mengatakan standar seseorang dikatakan tua sebenarnya berbeda satu sama lain. Contohnya di Amerika Serikat (AS), seseorang yang sudah berusia 65 tahun merupakan benchmark dalam mengelompokkan penduduk berusia lanjut. Lain halnya dengan apa yang ditentukan oleh World Health Organization (WHO).

 Setiap orang pasti ingin selalu terlihat awet muda.

Baca juga: Daftar Orang yang Tidak Bisa Diberikan Vaksin Covid-19, Siapa Saja?

Berikut standarisasi tua (lansia) menurut WHO:

Usia < 65 tahun: Middle Age

Usia 65-74 tahun: Junior Old Age

Usia 75-90 tahun: Formal Old Age

Usia >90 tahun: Longevity Old Age

Klasifikasi lain yang diterapkan oleh WHO:

Usia 60-74 tahun: Elderly

Usia 75-90 tahun: Old

Usia >90 tahun: Very Old

“Standar lansia yang ditetapkan WHO dan AS berbeda dengan klasifikasi yang dimiliki Indonesia. Undang-undang mengenai lansia diatur dalam UU no13/1998 tentang kesejahteraan lansia. Seseorang mulai dikatakan lansia pada usia 60 tahun,” terang Dr. Rimbawan.

Pra-Lansia (Usia 50-60 Tahun)

Lansia Muda (Usia 60-70 Tahun)

Lansia Dewasa (Usia 70-80 Tahun)

Lansia Paripurna (Usia >80 Tahun)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini