Sering Pakai Kuteks, Ini 5 Efek Samping Aseton yang Wajib Diketahui

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 15:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 611 2315998 sering-pakai-kuteks-ini-5-efek-samping-aseton-yang-wajib-diketahui-lWeIf8LrUC.jpg Membersihkan cat kuku pakai aseton (Foto: Indian Makeup)

Aseton merupakan senyawa yang berbentuk cairan bening tidak berwarna. Cairan ini mudah menguap dan terbakar. Digunakan sebagai bahan pembersih cat kuku alias kuteks. Namun memiliki efek yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

Perempuan biasanya menggunakan aseton untuk menghapus kuteks. Walaupun kandungan aseton dalam cat kuku atau penghapus cat kuku sangat sedikit, tetapi tetap dapat menyebabkan kerusakan.

Menurut Dr. Aparna Santhanam, dokter kulit terkemuka, aseton memiliki efek samping bagi tubuh, seperti dilansir dari The Health Site berikut ini.

 aseton untuk membersihkan cat kuku

1. Efek pada tenggorokan

Paparan aseton yang tidak sengaja mengenai tenggorokan dapat menyebabkan iritasi parah pada tenggorokan dan saluran hidung yang mungkin juga memengaruhi pernapasan Anda.

2. Asma

Zat kimia pada aseton bisa memicu serangan asma. Pasien yang menderita asma harus menjauhi aseton dalam hal apapun.

3. Mual

Ketika Anda terpapar terlalu banyak aseton dalam waktu yang sangat singkat, Anda bahkan mungkin mengalami rasa mual dan muntah.

4. Efek pada mata

Senyawa pada aseton sangat kuat. Jika aseton terbakar di dekat Anda, Anda akan menderita iritasi mata karena asapnya yang kemudian akan menyebabkan iritasi lebih lanjut.

Baca juga: 3 Potret Yuri MasterChef Indonesia Jadi 'Model', Netizen: So Sensual!

5. Kuku rapuh

Penghapus cat kuku seperti aseton menyebabkan kuku menjadi kering dan rapuh. Itu karena aseton adalah bahan pembersih yang sangat kuat dan paparan yang berlebihan akan merusak kulit dan kuku Anda.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini