Wow, Bangkai Kapal Misterius Tahun 1800 Muncul Usai Erosi Pasir Pantai

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 09:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 612 2315682 wow-bangkai-kapal-misterius-tahun-1800-muncul-usai-erosi-pasir-pantai-vWKVVwpnOB.jpg Penemuan bangkai kapal misterius tahun 1800. (Foto: Chuck Meide/LAMP/Fox News)

SEBUAH bangkai kapal misterius yang karam dan diperkirakan berasal dari tahun 1800-an ditemukan di Pantai Florida Utara. Menurut Mercusuar dan Museum Maritim St Augustine, kapal itu muncul usai erosi bukit pasir yang disebabkan badai tropis baru-baru ini di wilayah tersebut.

Seorang penduduk setempat bernama Mark O’Donoghue adalah orang pertama yang melihat kayu-kayu kapal tersebut dan melaporkannya kepada Direktur Program Maritim Arkeologi (LAMP) St Augustine Lighthouse Chuck Meide. Pakar LAMP percaya bahwa benda itu merupakan kapal dagang Amerika Serikat yang membawa kargo perangkat keras atau tepung.

Baca juga: Heboh Pesawat Rusia Jadi Pemandangan Unik di Tepi Laut Kaspia 

Para peneliti mencatat lebih dari 70 persen bangkai kapal bersejarah yang ditemukan di Florida adalah kapal dagang yang mengangkut barang di sepanjang Pantai Atlantik. Mereka juga memprediksi kapal itu bernama Caroline Eddy yang berlayar pada tahun 1800-an.

"Saya pikir kita dapat mengatakan bahwa kapal seberat 317 ton itu adalah Caroline Eddy. Itu kemungkinan besar kapal yang karam di Pantai Crescent tersebut. Namun kami tidak ingin mengatakan itu pasti, ini hanya kemungkinan Caronline Eddy," kata Juru Bicara Mercusuar dan Museum Maritim St Augustine, Jay Smith, seperti dikutip dari Fox News, Rabu (25/11/2020).

Baca juga: Yuk Bikin Sendiri Camilan Telur Gulung, Cocok saat Lapar Tengah Malam

Beberapa penemuan bangkai kapal lainnya juga sudah pernah diketahui sebelumnya di wilayah Florida. Awal tahun ini ada dua bangkai kapal kayu yang salah satu di antaranya diperkirakan berusia 100 tahun.

Sebelumnya pada 2018, pengunjung Pantai Florida juga menemukan "cawan suci" pada sisa-sisa kapal abad ke-18 yang terdampar di sana. Secara terpisah pada tahun yang sama, Badai Michael menemukan puing kapal berusia hampir 120 tahun di Dog Island, Franklin County, Florida.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini