Sering Cemburu sama Pacar? Coba Atasi dengan 5 Cara Ini

Uthari Handayani, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 612 2315753 sering-cemburu-sama-pacar-coba-atasi-dengan-5-cara-ini-Vf5HTpLMjw.jpg Merasa cemburu (Foto: Lies Young Woman Believes)

Dalam menjalin hubungan percintaan, kita sering kali dilanda rasa cemburu kepada pacar. Hal itu seringkali menyusahkan diri sendiri.

Jangan sekali-kali meributkan hal yang sepele hanya karena rasa cemburu. Sebab seringkali kecemburuan membawa perpisahan.

Seperti dilansir Psychology Today, jika Anda dilanda cemburu kepada pacar, coba atasu dengan cara berikut ini.

 cemburu

1. Hilangkan rasa khawatir

Perlu Anda pahami bahwa rasa cemburu itu datang dari rasa khawatir. Kita merasa Khawatir sang pacar akan menemukan seseorang yang lebih menarik dan merasa takut bila ditinggalkan.

Karena kita merasa terancam, maka muncullah rasa cemburu tersebut. Maka coba tanyakan kepada diri Anda sendiri, apakah penting untuk mempertahankan rasa cemburu atau malah mengganggu ketenangan Anda sendiri?

2. Cemburu sebagai self defense

Dalam beberapa kasus kecemburuan, sebenarnya cemburu juga bisa menunjukkan harga diri yang tinggi. Misalnya dengan cemburu, menunjukkan kita tidak mau diperlakukan seperti itu.

Sebagai contoh, punya pacar yang suka main dengan banyak perempuan lain, sebagai perempuan tentu ingin dihargai, makanya jika pasangan Anda suka bermain dengan perempuan lain, dan Anda marah lalu meninggalkannya, itu sebenarnya bentuk self defense. Menunjukkan harga diri Anda sebab Anda tak layak diperlakukan seperti itu.

 Baca juga: 3 Potret Yuri MasterChef Indonesia Jadi 'Model', Netizen: So Sensual!

3. Cerminan harga diri

Psikoanalis memandang cemburu sebagai tanda ketidakamanan dan insecurity. Kecemburuan sebenarnya bisa mencerminkan nilai-nilai komitmen, cinta, kejujuran, dan ketulusan yang tinggi.

Anda mungkin cemburu karena menginginkan hubungan ini untuk selamanya, dan takut bila kehilangan pasangan. Maka Anda menunjukkan perasaan cemburu untuk mempertahankan prinsip relasi Anda.

4. Terima dan amati

Saat Anda menyadari rasa cemburu ini, luangkan waktu sejenak untuk mengamati pikiran dan perasaan tersebut. Ingatlah bahwa prasangka terhadap yang Anda cemburui tidak sama dengan kenyataan.

Mungkin timbul pikiran jika pasangan Anda tertarik dengan orang lain, tapi bukan berarti dia benar-benar tertarik dengan orang lain. Pemikiran dan kenyataan sering berbeda.

5. Ketidakpastian adalah bagian dari setiap hubungan

Seperti yang banyak dikhawatirkan orang, kecemburuan menginginkan kepastian. Tapi ketidakpastian juga bagian dari kehidupan, dan kita harus belajar dan menerimanya.

Tidak ada yang tahu bahwa pasangan Anda akan pergi atau meninggalkan Anda. Tapi jika sudah menuduh pasangan akan meninggalkan Anda, bisa jadi memang suatu hari dia akan meninggalkan Anda karena Anda selalu cemburuan dan dia merasa lelah. Makanya kendalikan rasa cemburu Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini