Mengerikan! Hiu Bermata Lebar Ini Punya Gigi Besar untuk Terkam Mangsanya

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 612 2315816 mengerikan-hiu-bermata-lebar-ini-punya-gigi-besar-untuk-terkam-mangsanya-MnsFVC4o7i.jpg Ilustrasi ikan hiu. (Foto: Gerald Schombs/Unsplash)

TERUNGKAP ikan hiu bermata besar yang hidup pada zaman prasejarah. Hiu ini disebut memiliki gigi mengerikan yang disembunyikan di bawah rahangnya. Gigi tajam itu akan terlihat ketika hiu menganga untuk menerkam mangsanya. Semuanya berbaris rata di sepanjang sisi rahang dan melengkung ke atas.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan para ilmuwan setelah meneliti fosil hiu berusia 370 tahun yang pernah menghuni Perairan Maroko. Spesies yang dijuluki Ferromirum Oukherbouchi ini memiliki rahang berputar ke dalam saat mulut tertutup dan keluar saat mulut terbuka.

Baca juga: Tempuh 1.800 Mil, Hiu Putih Raksasa Muncul di Perairan Amerika 

Tidak seperti hiu lainnya, Ferromirum Oukherbouchi menumbuhkan giginya secara berurutan di bagian dalam rahang, di samping gigi yang lebih tua. Saat gigi baru tumbuh, mereka melengkung ke arah lidah hiu.

Ilustrasi hiu prasejarah bermata lebar di Maroko. (Foto: Christian Klug/UZH/Livescience)

Menurut studi tersebut, jika hiu ini membuka mulutnya, tulang rawan bagian belakang rahang tertekuk sehingga sisi rahangnya terlipat ke bawah dan gigi baru memutar ke atas.

"Melalui rotasi ini, gigi yang lebih muda, lebih besar dan lebih tajam, yang biasanya mengarah ke bagian dalam mulut, akhirnya dibawa ke posisi tegak. Hal ini memudahkan hiu untu menusuk mangsanya," kata penulis utama penelitian ini, Linda Frey, seperti dikutip dari Live Science, Rabu (25/11/2020).

Baca juga: Berang-Berang Ini Memangsa Hiu, Petugas Kebingungan 

Saat mulut hiu menutup, lanjut dia, air laut masuk ke mulutnya untuk mendorong mangsa masuk ke tenggorokannya. Pada saat yang sama rahang penutup memutar gigi ke dalam untuk melumpuhkan dan menjebak mangsanya.

Pola gerakan rahang seperti ini tidak ditemukan pada ikan hidup mana pun. Setidaknya, penelitian ini dapat memberikan gambaran bagaimana pertumbuhan rahang dan penempatan kelompok gigi pada hiu.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini