5 Cara Menghadapi Teman yang Cemburuan

Uthari Handayani, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 612 2315820 5-cara-menghadapi-teman-yang-cemburuan-rV7ZQkbaQy.jpg Teman cemburuan (Foto: Live About)

Hidup akan lebih berwarna jika kita memiliki teman. Sebab teman adalah orang yang bisa menyimpan segala rahasia kita, berbagi suka dan duka.

Namun dalam berteman, ternyata tak semua teman memiliki sifat yang menyenangkan. Ada juga teman yang punya sifatnya  cemburuan alias suka iri dengan kondisi dan pencapaian Anda.

Namun daripada segera meninggalkannya, Anda masih punya beberapa kesempatan untuk menghadapinya seperti dilansir dari Powerful Mind.

cemburu

1. Beri dia wawasan tentang hidup Anda

Saat dia merasa cemburu terhadap Anda, dia mungkin menganggap hidup Anda sempurna. Beritahulah pelan-pelan tentang bagaimana Anda bisa berada di titik itu. Misalnya dalam kasus Anda menikah lebih dulu darinya, dan dia merasa cemburu karena Anda menikah duluan.

Beri tahu dia bahwa kehidupan pernikahan adalah perjuangan yang nyata. Bagaimana Anda dan suami harus bekerja keras untuk menghidupi anak kaliah, membayar sekolah anak kalian. Mengurus anak dan suami yang sangat melelahkan. Jika temanmu tahu susahnya menikah, maka pelan-pelan rasa cemburunya akan berkurang.

2. Sering apresiasi dia

Teman yang sering merasa cemburu adalah teman yang merasa inscure. Dia terindikasi memiliki kepercayaan diri yang rendah dan bisa jadi tidak memiliki tujuan hidup.

Untuk menghadapinya, Anda bisa memberikan dia dengan berbagai apresiasi atas pencapaiannya. Misalnya dia bekerja di perusahaan yang bagus, puji pencapaiannya.

3. Libatkan dia dalam kesuksesanmu

Jelaskan kepadanya bahwa Anda menghargai mereka dengan meminta nasihat dan dukungannya. Jika dia merasa berperan dalam kesuksesan Anda, rasa cemburunya akan berkurang, dan Anda akan berterima kasih selamanya. Contohnya, jika Anda diterima kerja oleh dua perusahaan, mintalah saran dia untuk memilih yang terbaik.

4. Tanyakan impiannya dan tawarkan bantuan

Biarkan dia mengetahui bahwa hidupnya sama-sama penting dengan kehidupan Anda. Tanyakan apa yang ingin dia capai dalam waktu dekat. Jika Anda memiliki kesempatan, tawarkanlah bantuan.

Mungkin dia jomblo dan ingin segera mendapatkan pacar seperti Anda. Kenalkanlah dia dengan seseorang yang pantas untuknya.

Baca juga: 3 Potret Yuri MasterChef Indonesia Jadi 'Model', Netizen: So Sensual!

5. Ada kalanya meninggalkan

Jika Anda sudah berusaha keras untuk membuat dia lebih nyaman, secure, dan tak cemburuan, namun hatinya terus dipenuhi rasa cemburu dan iri kepada Anda, mungkin sudah saatnya memutuskan pertemanan.

Memang sudah pasti akan sulit meninggalkan teman baik Anda, namun jika hubungan sudah jadi toxic dan dia selalu merasa cemburu dan merah dengan Anda, apa gunanya berteman lagi?

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini