Berburu Mangsa, Hiu Ganas Ini Justru Mati Ditikam Ikan Todak

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 21:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 612 2315847 berburu-mangsa-hiu-ganas-ini-justru-mati-ditikam-ikan-todak-RjJvfXtLwb.jpg Hiu ganas ditemukan mati terdampar akibat ditusuk ikan todak. (Foto: The Ichthyological Society of Japan 2020/Live Science)

SEEKOR ikan hiu ganas ditemukan mati terdampar di Pantai Mediterania, dekat Kota Brega, Libya, pada April lalu. Sebuah penelitian baru telah mengungkap lebih detail terkait kematian hiu itu, yakni akibat sebuah "pedang" yang tertancap di tubuhnya.

Para peneliti mengatakan kematian hiu itu disebabkan persaingannya dengan ikan todak untuk mendapatkan mangsa.

Baca juga: Mengerikan! Hiu Bermata Lebar Ini Punya Gigi Besar untuk Terkam Mangsanya 

"Skenario yang paling mungkin adalah kedua spesies itu berburu di sekumpulan ikan atau cumi-cumi di laut dalam," kata ketua penelitian Patrick Jambura, seperti dikutip dari Live Science, Rabu (25/11/2020).

Hiu ganas mati ditusuk ikan todak. (Foto: The Ichthyological Society of Japan 2020/Live Science)

Lebih lanjut ia mengatakan ada juga kemungkinan kedua hewan ini memperebutkan wilayah sehingga ikan todak tidak sengaja menikam hiu perontok dan menyisakan hampir 12 inci "pedang" miliknya tertancap di tubuh hiu tersebut.

Baca juga: Hiu Putih Bermata Satu Ditemukan di Perairan Maluku 

Ikan todak memang dikenal sebagai spesies yang juga menyerang paus, penyu, benda mati, termasuk perahu dan kapal selam, bahkan manusia. Dia mempertahankan diri dari hiu biru dan hiu mako karena memang memangsa ikan todak. Namun, hiu perontok hanya memakan ikan kecil dan tidak menjadi ancaman bagi ikan todak.

"Kami tahu bahwa ikan todak mungkin menyerang dari atas dan hiu tidak menyadarinya. Tampaknya ikan todak sepanjang 10 kaki (3,1 meter) menikam hiu tepat di bagian belakang kepala meninggalkan bekas luka sedalam 2 inci (5 sentimeter) dan lebar 3 inci (8 cm)," paparnya.

Pedang dari ikan todak itu menembus sistem insang hiu. Patrick juga mengatakan tidak dapat mengetahui bagaimana kerusakan internal insang hiu tanpa nekropsi (autopsi hewan). Namun dari sudut kedalaman penetrasi, dapat dikatakan bahwa daerah insang hiu dan beberapa arteri penting rusak berat.

Kasus ini menjadi yang pertama ikan todak menikam hiu perontok. Para ilmuwan menduga kejadian serupa bisa saja sering terjadi di laut dalam, namun tidak pernah terungkap karena hiu akan tenggelam saat mati.

Baca juga: Berang-Berang Ini Memangsa Hiu, Petugas Kebingungan 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini