Benarkah Kucing Suka "Pilih-Pilih" Makanan? Ini Faktanya

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 20:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 612 2315859 benarkah-kucing-suka-pilih-pilih-makanan-ini-faktanya-85vhtSgVua.jpg Ilustrasi kucing. (Foto: Dimhou/Pixabay)

JIKA Anda memiliki kucing peliharaan, mungkin pernah melihat makanan yang disediakan di wadah tidak habis atau bahkan tak disentuh sama sekali. Hal ini memang sering terjadi dan membuat kucing terkesan pilih-pilih makanan.

Dikutip dari Mental Floss, Rabu (25/11/2020), menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Royal Society Open Science, perilaku ini karena kucing mencari makanan yang selaras dengan kebutuhannya.

Baca juga: Kucing Mendekat saat Namanya Dipanggil, Ini Penjelasannya 

Kucing biasanya suka makanan berprotein tinggi dan lemak sedang. Hewan ini lebih mementingkan makanan untuk sumber energi daripada sekadar bau dan teksturnya.

Dalam penelitian tersebut, seekor kucing disajikan hidangan makanan yang memiliki rasio protein dan lemak yang memiliki beberapa rasa. Mulai dari makanan terasa seperti kelinci, makanan rasa ikan, hingga makanan terasa seperti jeruk.

Baca juga: Viral Pria Menangis Kubur Kucing Kesayangan, Netizen Ramai-Ramai Bersedih 

Pada akhirnya, kucing paling banyak memakan hidangan yang paling mendekati kebutuhan nutrisinya. Ini artinya kucing mencari makan bukan berdasarkan rasa, namun sesuai kebutuhannya.

Setelah kucing mendapatkan makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisinya, dia tidak akan memakan hidangan yang lain.

Anggota tim penelitian ini, Adrian Hewson-Hughes, percaya bahwa kucing punya versi makanan hewan neophobia, atau keengganan untuk mencoba hal-hal baru.

Namun bagaimana kucing mengetahui kebutuhan nutrisinya tercukupi masih menjadi misteri yang belum terjawab.

Baca juga: Cinta Laura Dicium Kucing, Netizen: Coba Jadi Kucingnya, Pasti Happy 

Kucing. (Foto: Kristin Lopez/Unsplash)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini