Sedih, Anak Ikan Paus Langka Ditemukan Mati Terdampar Usai Dilahirkan

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 16:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 612 2316040 sedih-anak-ikan-paus-langka-ditemukan-mati-terdampar-usai-dilahirkan-9oQcJhHFKp.jpg Spesies langka ikan paus sikat mati terdampar di Pantai Carolina Utara. (Foto: NOAA/Fox News)

SEEKOR spesies langka ikan paus (Eubalaena glacialis) ditemukan mati terdampar di Pantai Carolina Utara, Amerika Serikat. Berdasarkan laporan pejabat satwa liar setempat, anak paus sikat yang terancam punah ini diketahui keberadaannya pada pekan lalu di North Core Banks.

"Sebuah tim ahli biologi terkemuka di bidang mamalia laut keluar (21 November) melakukan nekropsi untuk mencari tahu apa yang menyebabkan kematian ini. Tim mengambil sampel, termasuk DNA, yang diharapkan akan menentukan induk paus tersebut. Penemuan ini menjadi salah satu dari populasi 360 spesies yang tersisa," tulis Cape Lookout National Seashore melalui akun Facebook-nya.

Baca juga: Mengerikan! Hiu Bermata Lebar Ini Punya Gigi Besar untuk Terkam Mangsanya 

Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), dengan populasi yang kurang dari 400 ekot tersebut, paus sikat termasuk spesies hewan yang sangat terancam punah. NOAA memprediksi kematian anak paus sikat ini terjadi tidak lama setelah lahir.

Kematian tersebut dijelaskan NOAA sebagai "awal yang menghancurkan" untuk musim beternak paus yang dimulai pada pertengahan November hingga April. Demikian dikutip dari Fox News, Rabu (25/11/2020).

Baca juga: Selamatkan Anjing Peliharaan, Pria Ini Berani Buka Mulut Buaya 

Sejak 2017, paus sikat Atlantik Utara telah mengalami kematian yang tidak biasa (unusual mortality event/UME). Hal ini dibuktikan dengan catatan setidaknya 32 paus sikat mati dan 13 lainnya cedera.

NOAA menyebutkan angka ini telah mewakili lebih dari 10 persen dari total populasi yang tersisa. Menurut mereka, penyebab utama UME adalah pemogokan kapal dan belitan alat tangkap.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini