Jadi People Pleaser Bikin Tak Bahagia, Ini 6 Cara Mengatasinya

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 612 2316046 jadi-people-pleaser-bikin-tak-bahagia-ini-6-cara-mengatasinya-MgGikwjFRg.jpg Jadi people pleaser (Foto: 123RF)

People pleaser adalah orang yang sering menaruh kepentingan orang lain di atas kepentingan dirinya sendiri. Menjadi seorang people pleaser selalu menyenangkan orang lain, tanpa memikirkan dirinya sendiri.

Sifat ini tidak selalu buruk. Namun jika Anda terus mengesampingkan kepentingan Anda, maka Anda akan kehilangan kepercayaan diri bahkan kebahagiaan Anda sendiri.

Oleh karena itu cobalah berhenti menjadi people pleaser. Sebab Anda yang paling bertanggung jawab untuk mencintai diri Anda sendiri dan menyenangkan diri Anda sendiri.

Seperti dilansir dari Times of India, berikut ini cara-cara untuk berhenti menjadi people pleaser.

selalu berusaha menyenangkan orang lain

1. Terima kenyataan bahwa Anda people pleaser

Terima kenyataan bahwa Anda merupakan people pleaser. Lalu cari tahu terlebih dahulu alasan mengapa Anda ingin menyenangkan orang lain. Jika karena takut ditolak dalam pertemanan, takut gagal, dan sebagainya, maka perlahan belajar untuk berkata "tidak".

2. Jadikan tujuan

Sadari bahwa hal ini penting untuk diri Anda. Jadikan berhenti jadi people pleaser sebagai tujuan. Lalu perlahan-lahan terus konsisten untuk berani mengatakan, "tidak".

3. Berani bilang "tidak"

Jika bilang "tidak" membuat Anda takut menyinggung orang lain, coba cara berbeda untuk mengatakan hal tersebut tanpa terus terang. Cara sederhana ini bisa terlihat penuh hormat namun tegas.

4. Gunakan waktumu

Tak usah buru-buru untuk berubah. Nikmati prosesnya, rileks, maju secara perlahan. Jangan langsung sekaligus, lihat perubahannya satu per satu.

5. Minta bantuan

Jangan ragu untuk meminta bantuan kepada teman Anda atau orang lain untuk mengingatkan Anda berhenti jadi people pleaser. Bantuan dan dukungan teman sangat Anda butuhkan.

 Baca juga: 3 Potret Yuri MasterChef Indonesia Jadi 'Model', Netizen: So Sensual!

6. Semua bukan tanggung jawabmu

People pleaser cenderung merasa semua berada dalam pengawasan dan tanggung jawabnya. Hal ini hanya akan membuat Anda stres dan kepentingan Anda menjadi terabaikan. Sadarilah bahwa penyelesaian pekerjaan teman kantor, juga kebahagiaan pacar Anda sejatinya bukan tanggung jawab Anda untuk mengatasinya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini