Sedang Hitung Domba, Kru Helikopter Justru Temukan Monolit Logam Misterius

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 23:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 612 2316108 sedang-hitung-domba-kru-helikopter-justru-temukan-monolit-logam-misterius-KHZeT7BgCs.jpg Monolit logam misterius di gurun pasir Utah. (DPS Utah/IFL Science)

DEPARTEMEN Keamanan Publik (DPS) Utah, Amerika Serikat, menemukan monolit logam misterius yang tertanam di bagian terpencil gurun negara bagian tersebut. Sampai saat ini belum ada laporan yang menjelaskan lebih detail tentang keberadaan monolit itu.

Benda itu ditemukan ketika kru helikopter DPS sedang menghitung domba bertanduk besar (bighorn) bersama dengan Division of Wildlife Resources (DWR). Domba-domba tersebut kemudian masuk ke tempat terpencil yang sulit diakses para kru. Akhirnya mereka terbang ke arah padang pasir dan tidak sengaja melihat monolit itu.

Baca juga: Domba Termahal di Dunia, Harganya Capai Rp7,1 Miliar 

Setelah mendarat, para kru mengukur tinggi monolit tersebut yang mencapai dua kali tinggi orang dewasa. Berdasarkan hasil pengamatan, benda itu mungkin sengaja ditanam di tanah.

Sebagaimana dilansir IFL Science, Rabu (25/11/2020), DPS masih merahasiakan titik koordinat lokasi tersebut. Namun, hal yang pasti adalah tempat itu sangat sulit dijangkau jika tidak melalui jalur udara.

Baca juga: Aksi Ratusan Domba Berkeliaran di Jalanan Kota Selama Masa Lockdown 

Secara visual, objek ini berkilau dan mirip dengan monolit yang ada di film 2001: A Space Odyssey yang disutradarai oleh Stanley Kubrick pada 1968. Penemuan tidak terduga ini telah menarik perhatian banyak pihak, khususnya masyarakat setempat. Stasiun TV lokal KSL5TV telah memberi perhatian dan melihatnya dari segi fiksi ilmiah.

The Guardian juga mencatat ada kemiripan monolit ini dengan seni patung karya John McCracken. McCracken sempat tinggal di Santa Fe, wilayah dekat Utah, sebelum meninggal pada 2011. Jika memang benar ini adalah karyanya, artinya benda tersebut sudah ada di sana selama beberapa tahun lalu.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini