Belajar Daring, Ini Cara Guru Mendidik Siswa agar Tidak Bosan

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 25 November 2020 19:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 612 2316169 belajar-daring-ini-cara-guru-mendidik-siswa-agar-tidak-bosan-xIyFosQg2i.jpg Ilustrasi (Foto: CommLab India)

Di tengah pandemi Covid-19 kegiatan belajar mengajar beralih menjadi daring, atau secara virtual untuk mencegah penyebaran virus. Namun hal ini pun berdampak kepada psikologis siswa dan siswi, tak sedikit merarasa bosan dan terdapat kendala lainnya.

Guru Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Husainiyah, Sukabumi, Jawa Barat, Ummu Kultsum mengatakan, ia tak memungkiri jika murid-muridnya sering merasa bosan karena harus belajar melalui virtual terus menerus.

"Namanya pembelajaran daring, yah pasti membosankan, apalagi daring. Pembelajaran jarak jauh yang terkadang guru itu hanya memberikan tugas saja," katanya saat dihubungi Okezone, Rabu (25/11/2020).

 Di tengah pandemi Covid-19 kegiatan belajar mengajar beralih menjadi daring.

Namun Ummu tidak patah semangat, agar murid-muridnya merasa senang saat belajar melalui virtual. Ia kadang membebaskan dan tak memaksakan untuk belajar terus menerus.

"Karena kalau dipaksa juga kan enggak baik. Aku berusaha ngasih tugas di batas kewajaran, enggak memaksakan," terangnya.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Ini Kendala Guru saat Mengajar via Online

Selain itu terkadang Ummu memberikan games di sela-sela belajar, bertujuan agar suasana lebih cair dan menyuntikkan energi positif kepada siswa dan siswinya.

Misalnya games tebak-tebakan, karena Ummu memegang mata pelajaran Bahasa Arab jadi pertanyaan yang diberikan seputar mufrodat (kosakata dalam bahasa Arab).

"Nanti yang bisa jawab bisa jadi nilai plus atau tambahan," katanya.

Oleh karenanya Ummu tidak pernah putus asa dalam mengajar. Tetap memberikan ilmu meski melalui daring, dan selalu pengertian dengan kondisi muridnya ketika mulai jenuh belajar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini