5 Lobster Terlangka di Dunia, Begini Penampakannya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 10:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 298 2316419 5-lobster-terlangka-di-dunia-begini-penampakannya-g0f5rF81Bg.jpg Lobster terlangka (Foto: USA Today)

Baru-baru ini kasus mengenai lobster sedang ramai diperbincangkan, menyusul penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo. Ia diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu 25 November 2020 terkait dengan kasus ekspor benur alias benih lobster.

Sebagaimana diketahui lobster adalah kekayaan laut yang bernilai mahal. Tak hanya mahal, beberapa jenis lobster juga sangat langka dan jumlahnya hanya sedikit di dunia.

Merangkum dari The Fact Site, berikut daftar lobster langka yang pernah ditemukan di dunia.

1. Neon blue lobster

lobster 

Pada Mei 2016, dua nelayan Kanada merayakan tangkapan mereka atas dua lobster biru-neon cerah di lepas pantai Nova Scotia. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan lobster berwarna biru, seperti kondisi makanan atau habitat. Namun beberapa lobster biru ini hanya berwarna biru secara genetik, yang seringkali merupakan hasil dari induk lobster biru.

Tangkapan lobster biru umumnya dianggap sebagai pertanda keberuntungan. Banyak peneliti dan ilmuwan percaya ada satu dari dua juta peluang untuk menangkap neon blue lobster.

2. Red lobster

 lobster

Lobster jenis ini lebih jarang daripada lobster biru, meskipun setelah direbus hidup-hidup, semua lobster cenderung berubah warna menjadi merah muda. Tetapi ada lobster merah yang memang hidup di alam, dan peluang untuk menemukannya adalah sekitar satu dari sepuluh juta ekor.

Baca juga: Mau Wangi Sepanjang Hari, Semprotkan Parfum di Bagian Tubuh Ini agar Tahan Lama

3. Yellow lobster

 lobster

Yellow lobster bahkan lebih langka dari lobster merah hidup. Lobster kuning, atau lobster calico dapat ditemukan satu dari tiga puluh juta ekor lobster di dunia. Pada 2014, salah satu lobster kuning langka ini diselamatkan dari tangki lobster supermarket di Amerika dan dikembalikan ke alam liar.

Lobster calico ini cenderung bervariasi warnanya dari kuning yang sangat pucat, hingga kuning oranye cerah. Sama seperti warna rambut manusia, pewarna calico ini diwarisi dari induk lobster.

4. Multicolour lobster

 lobster

Varian lobster ini dikenal sebagai ‘half-and-half'. Mereka memiliki fitur pewarnaan terpisah di bagian tengah. Setengah lobster ini seringkali bisa menjadi setengah dari warna lobster yang berbeda. Ada yang setengah badannya berwarna biru, dan yang lainnya calico. Sama seperti lobster calico, diyakini lobster berwarna terbelah ini muncul karena genetika mereka.

Para peneliti masih tidak yakin tentang kemungkinan menemukan lobster setengah-setengah, tetapi banyak orang percaya kemungkinannya sekitar satu berbanding lima puluh juta ekor.

5. Lobster albino

 lobster

Beberapa tahun yang lalu di lepas pantai Dorset, Inggris, dua nelayan menangkap lobster albino yang sangat langka. Hewan ini juga dikenal sebagai lobster kristal, yang diyakini berusia sekitar 30 tahun. Peluang menangkap lobster albino liar adalah satu banding 100 juta dan mereka adalah satu-satunya lobster yang tidak berubah menjadi merah setelah dimasak.

Tapi tangkapan ini juga penting mengingat ini adalah lobster albino ketiga yang pernah ditangkap di Inggris selama 30 tahun terakhir. Hal lain yang membuat lobster ini istimewa adalah usianya. Lobster cenderung hidup sampai sekira 50 tahun di alam liar. Fakta bahwa lobster albino ini telah hidup hingga sekitar 30 tahun adalah keajaiban kecil.

Sebab sebagian besar kelangsungan hidup lobster di alam liar adalah penyamaran yang diberikan oleh warnanya yang gelap. Warna gelap ini membantunya berbaur dengan kedalaman dasar laut yang gelap tempat mereka tinggal.

Jadi bagi lobster berwarna putih cerah bisa bertahan selama itu tanpa kamuflase dan tidak dimakan oleh predator seperti hiu adalah prestasi yang sangat istimewa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini