5 Aneka Masakan Lobster dari Berbagai Negara, Pencinta Seafood Wajib Coba

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 298 2316560 5-aneka-masakan-lobster-dari-berbagai-negara-pencinta-seafood-wajib-coba-ywx6VjN7UK.jpg Hidangan lobster. (Foto: Nadine Doerle/Pixabay)

BAGI pencinta seafood, nama lobster mungkin sudah tidak asing lagi. Ya, makanan laut yang satu ini selalu berhasil menggugah selera. Maka itu, kini banyak restoran yang menyajikan menu lobster.

Kira-kira menu lobster apa saja nih yang sudah pernah dicoba Okezoners? Karena sesungguhnya lobster bisa diolah menjadi berbagai macam menu lho!

Jika kamu sedang mencari inspirasi, berikut Okezone berikan lima aneka masakan lobster dari berbagai negara, seperti dilansir Taste Atlas, Kamis (26/11/2020).

1. Lobster Roll - Amerika Serikat

Lobster roll adalah makanan khas Maine yang terdiri dari daging lobster matang. Idealnya lobster roll ditaburi dengan mentega cair dan ditempatkan ke dalam roti hot dog panjang. Selain itu, ada juga jus lemon, garam, dan lada hitam. Lobster roll juga memiliki kondimen termasuk keripik kentang atau kentang goreng sebagai pendamping.

Beberapa mengklaim bahwa lobster roll pertama kali muncul di Perry's di Milford, Connecticut, sementara yang lain mengklaim lobster roll pertama kali disiapkan di Red's di Wiscasset, Maine.

Terlepas dari asalnya, seluruh Negara Bagian Maine terus menghormati tradisi tersebut dengan menawarkan lebih banyak versi lobster roll daripada yang dapat dibayangkan oleh penemu pertama, memulai perdebatan tanpa akhir tentang bagaimana cara membuatnya dan siapa yang membuat gulungan terbaik.

Lobster Roll Amerika Serikat. (Foto: Taste Atlas)

Baca juga: 4 Hidangan Lobster Termahal dari Berbagai Negara, Berani Coba? 

2. Lobster Thermidor - Prancis

Lobster Thermidor adalah hidangan klasik Prancis. Dibuat dengan daging lobster yang ditumis dengan anggur atau cognac, dan dicampur dengan saus krim berbahan dasar telur dan keju, hidangan ini disusun dan dipanggang dalam buntut lobster utuh. Banyak cerita dan legenda seputar makanan ini, tetapi versi yang paling memungkinkan adalah bahwa hidangan ini dinamai menurut drama yang dikenal sebagai Thermidor yang berlatar di Paris pada Januari.

Menurut teori tersebut, hidangan ini ditemukan di Marie's, sebuah restoran terkenal pada saat itu, pada malam pemutaran perdana Thermidor. Meskipun drama tersebut tidak berhasil, hidangan ini disukai banyak orang. Ini menggunakan semua bahan tradisional Prancis seperti mentega dan krim, yang menghasilkan hidangan mewah bila dikombinasikan dengan lobster.

Hidangan ini biasanya disajikan di restoran dan disiapkan untuk acara-acara khusus. Itu adalah restoran favorit selama pertengahan abad ke-20 ketika sering ditemukan di banyak restoran di seluruh dunia. Saat ini, hidangan tersebut dianggap sebagai masakan klasik Prancis, dan biasanya dapat ditemukan di restoran tradisional Prancis.

Lobster Thermidor Prancis. (Foto: Taste Atlas)

Baca juga: Yuk Bikin Bola Tahu Keju, Enak dan Mudah Dipraktikkan Lho

3. Linguine All'astice - Italia

Pasta linguine adalah makanan klasik Italia yang dicampur dengan daging lobster yang empuk. Hidangan dimulai dengan saus yang menggabungkan daging lobster dan tumis bawang merah, bawang putih, atau bawang bombai, yang biasanya dihidangkan dengan anggur putih dan diakhiri dengan tomat. Sausnya disajikan di atas linguine segar, dan seluruh piring didekorasi secara tradisional dengan lobster yang dikupas.

Lobster Linguine All'astice Italia. (Foto: Taste Atlas)

4. Astakomakaronada - Yunani

Unsur utama dalam hidangan Yunani yang istimewa ini adalah daging lobster yang dipadukan dengan saus berbasis tomat yang beraroma dan disajikan di atas pasta. Hidangan ini biasanya disiapkan dengan spageti, sedangkan sausnya biasanya diperkaya dengan anggur dan berbagai bumbu serta rempah-rempah.

Daging lobster secara tradisional disajikan dalam cangkang, dan seluruh hidangan dihias dengan peterseli. Meskipun dapat ditemukan di wilayah Yunani lainnya, astakomakaronada terutama dikaitkan dengan Pulau Skyros.

Lobster Astakomakaronada Yuani. (Foto: Taste Atlas)

5. Curried Lobster - Jamaika

Lobster kari adalah hidangan Jamaika beraroma yang terdiri dari potongan lobster, tomat, bawang putih, bawang merah, air, dan bumbu seperti bubuk kari, cabai, timi, dan jintan. Perlu dicatat bahwa lobster Karibia tropis sangat berbeda dari lobster Amerika Utara biasa karena lebih berduri dan tidak memiliki cakar, serta perbedaan rasa yang halus. Hidangan ini dimasak perlahan sampai kuahnya mengental. Dianjurkan untuk menghiasi hidangan dengan ketumbar cincang halus.

Lobster. (Foto: Meritt Thomas/Unsplash)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini