Diego Maradona Meninggal, Ini Deretan Penyakit Semasa Hidupnya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 481 2316602 maradona-meninggal-ini-deretan-penyakit-semasa-hidupnya-UUFvK8nvZF.jpg Legenda Sepakbola Diego Maradona (Foto: Inst The Bazzarist)

Diego Maradona meninggal dunia di usia 60 tahun, Rabu (25/11/2020). Pesepakbola legendaris itu menghembuskan napas terakhir akibat penyakit henti jantung.

Diego Maradona sendiri memang sudah mengalami penurunan kesehatan. Bahkan, Fox News melaporkan, Maradona baru-baru ini menjalani operasi otak pada awal November karena hematoma subdural.

 Maradona selalu dikenang

Dokter yang menangani Maradona menerangkan bahwa usai dioperasi, dia tidak menunjukkan adanya komplikasi apapun dan dalam keadaan yang sehat. Bukan hanya operasi otak, menurut laman Capost, Maradona pada akhir musim panas 2020 menjalani operasi lutut karena osteoartritis di persendian.

Kemudian, pada 2005 ia menjalani operasi bypass lambung untuk menyelesaikan pengecilan perutnya, karena pada saat itu berat badannya mencapai 120 kilogram.

Lima tahun kemudian, pada 2010, Maradona menjalani operasi rekonstruksi bibir atas akibat gigitan seekor anjing. Selain itu, pada 2012, saat menjalani pelatihan di Uni Emirat Arab, ia melakukan operasi batu ginjal.

Bukan hanya riwayat operasi yang banyak, Maradona juga diketahui mengalami gangguan kesehatan lainnya terutama penyakit jantung dan pernapasan. Ya, pada 1997, ia dirawat karena masalah tekanan darah dan tidak lama setelah itu pada 2000 ia mengatasi krisis hipertensi yang serius, serta aritmia vertikel. Pada 2004, Maradona juga pernah kena serangan jantung.

Maradona juga diketuhui kecanduan alkohol. Sejarah hidupnya mencatat, pada awal 90-an, di puncak karier olahraganya bermain untuk Napoles FC, dia juga pernah dinyatakan positif kokain.

Bukan hanya penyakit fisik, Maradona juga mengalami masalah mental. Dia pernah didiagnosis depresi tiga hari setelah berulang tahun ke-60. Sumber terpercaya mengatakan pada The Associated Press bahwa Maradona sangat sedih dan karena itu dia tidak mau makan selama seminggu.

Baca juga: Mau Wangi Sepanjang Hari, Semprotkan Parfum di Bagian Tubuh Ini agar Tahan Lama

Oleh karena itu, dokter pribadi Maradona, Leopoldo Luque membawanya ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan kesehatan lebih lanjut. Kini Maradona telah tiada, rest in peace Legend!

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini