7 Cara Atasi Rambut Rontok pada Pria, Teratur Keramas hingga Lakukan Pijatan

Adella Christyanti, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 481 2316615 7-cara-atasi-rambut-rontok-pada-pria-teratur-keramas-hingga-lakukan-pijatan-V6GSsnco87.jpg Ilustrasi rambut pria. (Foto: Mostafa Meraji/Unsplash)

RAMBUT rontok adalah salah satu masalah paling umum di seluruh dunia. Keadaan ini ternyata juga banyak dialami oleh kaum pria. Banyak di antara mereka yang mengalami kerontokan atau bahkan kebotakan.

Pada dasarnya perawatan rambut pria mudah dan sederhana. Pria hanya perlu mencuci rambut secara rutin dan cukur dalam jangka waktu tertentu.

Baca juga: Potong Rambut Manjur Atasi Kerontokan, Mitos atau Fakta? 

Namun, ada banyak penyebab rambut pria menjadi rontok. Meliputi pola makan, kekurangan mineral, obat-obatan, stres, polusi, dan genetika. Memakai topi atau helm juga bisa menjadi penyebab lain kerontokan pada pria.

Nah, berikut ini beberapa cara untuk mengurangi kerontokan rambut pria, seperti dikutip dari Times of India.

1. Teratur mencuci rambut dengan sampo ringan

Mencuci rambut atau keramas secara teratur merupakan bagian dari pencegahan kerontokan dengan cara menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Dengan melakukan itu, bisa menurunkan risiko infeksi dan ketombe yang dapat menyebabkan kerusakan atau kerontokan rambut. Apalagi rambut bersih memberi kesan lebih bervolume.

Rambut pria. (Foto: Asia One)

2. Beri vitamin rambut

Vitamin tidak hanya sehat untuk kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga baik untuk rambut Anda. Vitamin A mendorong produksi sebum yang sehat di kulit kepala, vitamin E meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala untuk membantu folikel rambut tetap produktif, dan vitamin B membantu rambut mempertahankan warna sehatnya.

3. Pijat kulit kepala dengan minyak esensial

Mereka yang sudah lama mengalami kerontokan rambut harus memijat kulit kepala dengan minyak esensial selama beberapa menit. Ini membantu folikel rambut tetap aktif. Anda bisa menambahkan lavender dalam minyak almond atau wijen.

4. Hindari menyisir rambut basah

Saat rambut basah, ia berada dalam kondisi terlemahnya. Jadi hindari menyisir rambut basah karena kemungkinan rambut rontok meningkat. Namun jika harus menyisir rambut basah, gunakan sisir bergigi sangat lebar. Hindari juga menyisir rambut terlalu sering karena dapat melukai rambut dan meningkatkan kerontokan. Gunakan jari Anda untuk menghilangkan kusut, bukan sisir atau sikat.

Baca juga: Melahirkan di Rumah, Apa Risikonya?

5. Jangan terlalu stres

Penelitian pada masa lalu telah menemukan bukti medis yang menghubungkan stres dengan rambut rontok. Hilangkan stres diri Anda, salah satu caranya adalah banyak beribadah. Langkah ini tidak hanya mengurangi stres, tetapi juga mengembalikan keseimbangan hormonal.

6. Hindari pemanasan dan pengeringan konstan

Jangan membuat rambut Anda sering mengalami prosedur pemanasan dan pengeringan yang konstan. Panas melemahkan protein rambut, dan pemanasan serta pengeringan yang konstan dapat menyebabkan kelemahan dan kerapuhan yang menyebabkan rambut rontok.

7. Jagalah agar kepala bebas dari keringat

Pria dengan rambut berminyak, mengalami ketombe selama musim panas karena berkeringat dan kemungkinan rambut rontok meningkat. Menggunakan sampo yang mengandung lidah buaya dan neem dapat menjaga kepala tetap sejuk dan terhindar dari ketombe. Selain itu, pria yang memakai helm mengalami kerontokan rambut yang parah di musim panas. Ketika keringat menumpuk di pori-pori dan melemahkan akar rambut yang menyebabkan rambut rontok pada pria.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini