5 Kiat Atasi Insomnia yang Bikin Susah Tidur

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 19:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 481 2316642 5-kiat-atasi-insomnia-yang-bikin-susah-tidur-Tbc8KvHX93.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Insomnia atau kesulitan tidur di antara orang-orang di dunia meningkat. Hal ini disebabkan oleh faktor usia dan status kesehatan seseorang. Juga, sebagian besar dikarenakan invasi siklus tidur yang disebabkan oleh teknologi.

Secara medis, insomnia diartikan sebagai suatu kondisi atau kelainan yang membuat seseorang sulit atau tidak bisa tidur. Insomnia jangka pendek atau sementara yang disebabkan karena stres dan berlangsung selama 2-3 minggu. Sedangkan, insomnia kronis adalah kondisi serius yang berlangsung selama lebih dari sebulan.

Menurut Dr. Sudhir Kumar, konsultan ahli saraf, setidaknya seseorang tidur selama 7-8 jam setiap hari agar mendapatkan kualitas tidur dan kesehatan tubuh yang baik. Ia menyarankan bahwa perubahan gaya hidup harus menjadi hal pertama yang harus dilakukan orang jika ingin mudah tidur.

Baca Juga : Cek 7 Penyebab Insomnia, Apakah Kamu Mengalaminya?

Melansir dari The Health Site, berikut rekomendasi cara mengatasi sulit tidur dari Dr. Sudhir.

1. Mulai tidur di antara jam 9-11 malam

Tidur

Waktu terbaik untuk tidur adalah antara jam 9-11 malam. Itu adalah waktu yang ideal karena tubuh Anda memiliki jamnya sendiri dan hormon melatonin yang bertanggung jawab untuk menginduksi tidur disekresikan oleh kelenjar pineal selama waktu ini.

2. Tetapkan waktu tidur dan bangun

Biasakan tidur dan bangun lebih awal agar menyelesaikan jam tidur selama 7-8 jam penuh. Cara ini juga membuat waktu tidur menjadi lebih teratur, sehingga mengurangi risiko mengalami insomnia.

3. Pastikan kamar tidur Anda memiliki suasana yang kondusif

Jangan mengubahnya menjadi kantor atau ruang baca. Rapikan kamar agar Anda bisa beristirahat dengan nyaman. Matikan lampu karena hormon tidur dipercaya hanya akan disekresikan dalam ruangan gelap.

Tidur

4. Pertahankan jarak 2 jam antara makan malam dan waktu tidur

Untuk menghindari sulit tidur karena refluks asam, atur jarak makan malam dan waktu tidur setidaknya 2 jam. Hal ini juga mengurangi risiko mengalami gangguan kesehatan yang disebut GERD.

5. Hindari mengonsumsi teh, kopi atau cola pada waktu tidur.

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein ini justru akan menggangu kualitas tidur Anda. Ganti dengan minum air mineral yang cukup.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini