9 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Penyakit Jantung

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 481 2316644 9-makanan-yang-baik-dikonsumsi-penderita-penyakit-jantung-DnPA9MfSaO.jpg Bawang putih (Foto: MedicalNewsToday)

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian terbesar di dunia. Penyakit jantung terjadi akibat penyempitan arteri yang memasok darah ke jantung melalui proses yang disebut aterosklerosis. Meski tidak ada satu penyebab tunggal, pola makan yang tidak sehat bisa menjadi salah satu faktor risiko terkena penyakit jantung.

Memperhatikan apa yang Anda makan dan mengonsumsi berbagai makanan sehat adalah salah satu tindakan pencegahan terpenting yang dapat Anda lakukan.

Melansir dari Betterhealth, berikut makanan yang bisa dikonsumsi bagi penderita penyakit jantung.

1. Ikan yang mengandung asam lemak omega-3

Ikan berminyak seperti mackerel, sarden, tuna dan salmon yang mengandung asam lemak omega-3 terbukti dapat menurunkan trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol HDL, meningkatkan elastisitas pembuluh darah, dan mengencerkan darah.

2. Beberapa minyak nabati

Seperti jagung, kedelai, dan safflower (yang mengandung asam lemak omega-6), dan yang mengandung asam lemak omega-3 (seperti kanola dan minyak zaitun) dapat membantu menurunkan kolesterol LDL jika digunakan sebagai pengganti lemak jenuh seperti mentega.

3. Buah dan sayuran

Serat, kalium, dan zat gizi mikro lainnya seperti antioksidan dalam buah dan sayuran memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung. Juga, merupakan sumber folat yang penting, membantu menurunkan kadar asam amino homosistein dalam darah, yang dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung.

 Serat, kalium, dan zat gizi mikro lainnya seperti antioksidan dalam buah dan sayuran memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.

4. Wholegrain

Makanan dengan kadar serat larut yang tinggi seperti oat, polong-polongan, dan barley sangat bagus untuk menurunkan kadar kolesterol. Roti dan sereal gandum utuh, kacang-kacangan, jenis nasi dan pasta tertentu, dan sebagian besar buah dan sayuran juga membantu menurunkan trigliserida darah dan kadar glukosa, membantu mengurangi diabetes dan risiko penyakit jantung.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber protein nabati, serat, lemak sehat, dan mikronutrien yang baik untuk membantu menurunkan risiko kardiovaskular Anda.

Baca juga: Diego Maradona Meninggal, Ini Deretan Penyakit Semasa Hidupnya

6. Teh

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam teh dapat membantu mencegah penumpukan lemak di arteri. Mereka juga dapat bertindak sebagai agen pembekuan darah dan meningkatkan pelebaran pembuluh darah untuk memungkinkan peningkatan aliran darah.

7. Makanan yang mengandung vitamin E

Vitamin E yang bertindak sebagai antioksidan, dapat membantu melindungi dari kolesterol LDL. Sumber vitamin E ada pada alpukat, sayuran hijau tua, minyak nabati, dan produk gandum utuh.

8. Bawang putih

Allicin, senyawa dalam bawang putih segar telah terbukti menurunkan kolesterol total dan LDL dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

9. Makanan yang mengandung sterol/stanol

Senyawa ini dipercaya mengurangi kadar kolesterol dalam darah yang berkaitan dengan risiko penyakit jantung. Mengonsumsi makanan ini setara dengan 2-3 porsi makanan yang diperkaya fitosterol seperti selai margarin, yoghurt, susu, dan sereal sarapan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini