Waspada, Berikut 5 Tanda kalau Imunitas Tubuh Lemah

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 481 2316651 waspada-berikut-5-tanda-kalau-imunitas-tubuh-lemah-E9FFFg4BhU.jpg Kelalahan (Foto: Blocks of Life)

Cuaca yang tak menentu dapat mempengaruhi imunitas tubuh Anda. Jika Anda tidak menjaga kesehatan dengan ketat, daya tahan tubuh pun dapat menurun.

Terlebih pandemi Covid-19 belum juga berakhir, ini membuat Anda tidak boleh mengabaikan kesehatan. Anda dapat mengetahui apakah tubuh Anda memiliki daya tahan yang lemah atau tidak. Karena ketika sistem imunitas lemah, tubuh akan memberikan tanda-tandanya.

Berikut tanda-tanda yang akan muncul jika imunitas tubuh Anda lemah seperti dilansir Femina India.

 pilek

1. Sering pilek

Flu bisa terjadi dua atau tiga kali dalam setahun. Tetapi jika Anda selalu merasa tidak enak badan, Anda mungkin memiliki sistem kekebalan yang lemah! Segera cari pendapat dokter, karena sering masuk angin dapat menyebabkan masalah pernapasan seperti pneumonia dan bronkitis.

2. Jika sakit lambat sembuhnya

Bukan hanya infeksi flu yang harus Anda pertimbangkan, jika Anda juga jatuh sakit dengan kondisi kesehatan yang serius atau membutuhkan waktu lama untuk sembuh, inilah saatnya untuk mengubah hidup Anda dengan pilihan makanan dan gaya hidup yang lebih baik.

 

3. Masalah perut

Sistem kekebalan yang melemah dapat bermanifestasi menjadi gejala seperti gas, sembelit, atau diare. Sistem pencernaan Anda menampung banyak mikroorganisme yang bermanfaat bagi kesehatan dan menjalankan fungsi kekebalan. Anda berisiko tinggi terkena infeksi bakteri dan virus jika kesehatan usus Anda terganggu.

4. Kelelahan

Merasa lelah sepanjang waktu? Istirahatlah yang baik di malam hari dan lihat apakah Anda masih merasa lelah. Jika Anda merasa lelah, jangan anggap enteng! Ketahuilah bahwa memiliki sistem kekebalan yang lemah berdampak negatif pada tingkat energi Anda, membuat Anda merasa terkuras sepanjang waktu.

Baca juga: Mau Wangi Sepanjang Hari, Semprotkan Parfum di Bagian Tubuh Ini agar Tahan Lama

5. Sering stres

Ini bukanlah gejala dari sistem kekebalan yang melemah, tetapi jika Anda selalu menghadapi stres, baik di kantor maupun di rumah, kesehatan Anda pasti akan berubah.

Stres menurunkan sel darah putih dalam tubuh, yang pada akhirnya menurunkan kekebalan tubuh, jadi segera ambil langkah untuk mengelola stres.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini