Deretan Makanan Menyehatkan Jantung, Asparagus hingga Tomat

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 481 2316679 deretan-makanan-menyehatkan-jantung-asparagus-hingga-tomat-5gpUIa7VFE.jpg (Foto: Yardday)

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang tak pernah berhenti bekerja sekalipun kita tertidur. Ini karena jantung merupakan organ tubuh yang vital dan berfungsi sebagai pemompa darah guna mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung sangat penting dilakukan. Selain dengan cara berolahraga, mengonsumsi makanan yang menyehatkan jantung juga bisa menjadi bagian untuk menjaganya tetap sehat.

Melansir Medical News Today, berikut 5 jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menyehatkan jantung.

Asparagus

Asparagus adalah sumber alami folat, yang membantu mencegah pembentukan asam amino yang disebut homosistein di dalam tubuh. Kadar homosistein yang tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kondisi terkait jantung, seperti penyakit arteri koroner dan stroke.

Ikan tinggi omega-3

Ikan adalah sumber asam lemak dan protein omega-3 yang membantu memelihara kesehatan jantung, tetapi rendah lemak jenuhnya. Orang yang mengidap penyakit jantung, atau yang berisiko, sering direkomendasikan untuk meningkatkan asupan omega-3 dengan makan ikan.

Ini karena ikan dapat membantu menurunkan risiko detak jantung abnormal dan memperlambat pertumbuhan plak di arteri.

Menurut American Heart Association (AHA), kita harus makan 3,5 ons ikan berlemak, seperti salmon, mackerel, herring, trout danau, sarden, atau tuna albacore setidaknya dua kali seminggu.

 Ikan adalah sumber asam lemak dan protein omega-3 yang membantu memelihara kesehatan jantung, tetapi rendah lemak jenuhnya.

Baca juga: Tips Mengatasi Rasa Mual dengan Bahan-Bahan Alami

Kacang-kacangan

Almond, hazelnut, kacang tanah, pecan, pistachio, dan kenari adalah pilihan kacang yang menyehatkan jantung. Kacang ini kaya akan protein, serat, mineral, vitamin, dan antioksidan. Seperti ikan dan biji rami, kenari juga matang dengan asam lemak omega-3, menjadikannya camilan sehat untuk jantung saat bepergian.

Oatmeal

Karena oatmeal kaya akan serat larut, mereka dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Sebuah tinjauan pada 2008 menyimpulkan bahwa produk berbasis oat secara signifikan mengurangi LDL dan kolesterol total tanpa efek samping.

Tomat

Tomat memiliki banyak nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung kita. Buah merah kecil penuh dengan serat ini mengandung kalium, vitamin C, folat, dan kolin, yang semuanya baik untuk jantung.

Selain membantu mencegah penyakit jantung, kalium bermanfaat bagi otot dan tulang, serta membantu mencegah pembentukan batu ginjal.

Para ilmuwan berpendapat bahwa meningkatkan asupan kalium sambil mengurangi asupan natrium adalah perubahan pola makan yang paling penting saat mencoba mengurangi risiko penyakit jantung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini