Pentingnya Peran Probiotik bagi si Kecil

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 481 2316745 pentingnya-peran-probiotik-bagi-si-kecil-FPwrcdWo1D.jpg Anak kecil (Foto: Pinterest)

Manusia memerlukan probiotik atau mikrobiota sejak awal kehidupan. Pada seorang bayi, asupan prebiotik awal didapatkan dari Air Susu Ibu (ASI) yang berfungsi untuk mengoptimalkan kesehatan saluran cerna.

Selain itu kehadiran bakteri baik, juga dapat membantu fungsi tubuh agar dapat berjalan dengan baik.

DSA Konsultan Gastrohepatologi, dr. Frieda Handayani, Sp.A(K) mengatakan, probiotik dapat mempertahankan tubuh dari infeksi bakteri jahat (unfriendly bacteria), dan menekan pertumbuhan bakteri tidak baik yang disebabkan infeksi dan peradangan.

 anak

“Selain itu probiotik juga meningkatkan daya tahan tubuh serta menunjang tumbuh kembang anak dan kecerdasan dan perilaku anak,” ujar dr. Frieda Handayani dalam Virtual Conference Mitos dan Fakta Bakteri Baik Saluran Cerna.

Dokter Frieda juga menambahkan, kesehatan saluran cerna sangat penting bagi tubuh sebagai satu-satunya pintu masuk nutrisi. Di mana peran nutrisi dan mikrobiota baik dalam saluran cerna bersimbiosis mendukung daya tahan tubuh, kecerdasan dan perilaku anak.

Senada dengan dr. Frieda, UKK Alergi Imunologi IDAI, dr. Molly Dumakuri Oktarina ,SpA(K) mengatakan, seribu hari pertama kehidupan (HPK) merupakan periode emas seorang anak yang akan memberikan efek jangka panjang di kehidupan mendatangnya. Pada periode ini terjadi percepatan pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh, sel otak, dan sel kekebalan tubuh.

Baca juga: Mau Wangi Sepanjang Hari, Semprotkan Parfum di Bagian Tubuh Ini agar Tahan Lama

“Berbagai faktor dapat mempengaruhi perkembangan sistem imun pada anak di antaranya adalah mikrobiota usus (saluran cerna). Sekira 70-80% sel imun terdapat di dalam usus sehingga mikrobiota saluran cerna berperan dalam perkembangan sistem imun alami dan didapat,” tuntas dr. Molly.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini