Sering Insecure, Ini 7 Cara Meningkatkan Percaya Diri

Uthari Handayani, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 612 2316666 sering-insecure-ini-7-cara-meningkatkan-percaya-diri-HZwV1JoB5M.jpg Sering insecure (Foto: Lipani Skincare)

Kadang kita merasa insecure dengan diri sendiri karena merasa tak mampu melakukan hal sebaik orang lain. Akibat rasa insecure yang berlebihan membuat hidup jadi tak nyaman.

Selalu merasa insecure mungkin terjadi karena beberapa alasan. Misalnya saja pernah mengalami trauma di masa lalu karena mendapatkan kekerasa fisik atau terkena bully, atau juga merasa kesepian.

Nah, untuk mengurangi rasa insecure tersebut, Anda harus mulai meningkatkan rasa percaya diri. Sepertti dilansir dari Reach Out berikut ini cara meningkatkan percaya diri.

bersikap baik kepada diri sendiri

1. Bersikap baik kepada diri sendiri

Kenali diri Anda sendiri lalu bersikaplah baik kepada diri sendiri. Dorong diri Anda untuk untuk lebih berani melakukan segala hal. Jauhkan rasa takut akan kegagalan. Selalu berpikir hal-hal yang positif dengan sering melakukan self-talk.

2. Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Jangan pernah membandingkan diri sendiri dengan orang lain karena hanya akan meningkatkan rasa rendah diri. Cobalah untuk memfokuskan pada tujuan yang ingin dicapai. Jangan pedulikan standar sosial umum. Misalnya Anda dituntut menikah segera, namun Anda belum menemukan jodoh, ya cuek saja, tak usah dipikirkan!

3. Olahraga

Cobalah untuk menggerakkan tubuh dengan berolahraga. Olahraga sampai berkeringat bisa melepaskan hormon endorfin atau menimbulkan perasaan senang.

 Baca juga: Mau Wangi Sepanjang Hari, Semprotkan Parfum di Bagian Tubuh Ini agar Tahan Lama

4. Tidak ada manusia sempurna

Perjuangkan selalu versi terbaik diri Anda. Namun, terima juga bahwa kesempurnaan adalah tujuan yang tidak realistis. Sejatinya tak ada manusia sempurna, sekalipun aktor terkenal maupun diri Anda sendiri.

5. Jangan menghukum diri sendiri

Kesalahan adalah bentuk perjalanan hidup untuk belajar dan tumbuh. Jangan mencoba untuk melawannya, atau menghukum diri Anda sendiri. Semua orang pernah melakukan kesalaham.

6. Jangan hiraukan hal-hal di luar kendali

Lihat ke dalam diri Anda, apa yang harus diperbaiki. Buatlah tujuan yang bisa memotivasi kepercayaan diri Anda seperti mendapatkan bentuk tubuh idaman atau bersikap lebih dewasa. Sedikit perbaikan akan membawa perubahan yang besar. Jangan hiraukan hal-hal yang di luar kendali Anda.

7. Kelilingi diri dengan orang yang mendukung Anda

Pertahankan orang-orang yang memedulikan dan mendukung Anda. Memilikinya mereka bisa membantu Anda lebih bersemangat lagi.

Hindari orang-orang julid yang hanya memicu pemikiran negatif, mereka pastinya akan menghambat proses peningkatan kepercaan diri Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini