Kelompok Besar Belut Ditemukan Hidup di Bawah Laut Dalam, Kalahkan Ikan

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 612 2316759 kelompok-besar-belut-ditemukan-hidup-di-bawah-laut-dalam-kalahkan-ikan-v6AcuAts7I.jpg Kawanan belut ditemukan hidup di laut dalam. (Foto: Leitner/Deep Sea Research/Science Alert)

PARA ilmuwan peneliti baru-baru ini menemukan kawanan belut dalam jumlah yang sangat besar. Mereka didapati di bawah laut dengan kedalaman lebih dari 3.000 meter. Setidaknya ada 115 belut keluar ke arah umpan yang dilepaskan oleh peneliti. Angka ini sekaligus mewakili kelompok ikan laut dengan jumlah terbesar yang pernah tercatat pada satu waktu di zona abyssal.

"Pengamatan kami benar-benar mengejutkan. Kami belum pernah melihat jumlah laporan tentang jumlah ikan yang begitu tinggi di laut dalam, zona yang jarang adanya makhluk hidup dan bahan makanan," kata ahli kelautan biologi, Astrid Leitner, seperti dikutip dari Science Alert, Kamis (26/11/2020).

Baca juga: Heboh Burung Hantu Terkecil Nyangkut di Pohon Cemara Raksasa, Begini Nasibnya 

Kawanan belut ini ditemukan di Zona Clarion-Clipperton (CCZ), hamparan bawah laut dalam yang membentang dari Hawai hingga hampir ke Meksiko. Zona tersebut dianggap sebagai tempat yang jarang dihuni oleh ikan.

Guna mengetahui adanya kehidupan di sana, para ilmuwan mencoba ekspedisi ke tiga gunung bawah laut di CCZ dan sekitarnya. Mereka mengerahkan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh ke pegunungan itu.

Baca juga: Sedang Hitung Domba, Kru Helikopter Justru Temukan Monolit Logam Misterius 

Para peneliti kemudian menjatuhkan 1 kilogram ikan makarel tepat di depan kamera yang merekam kejadian 2 sampai 8 menit. Pada ketiga puncak tersebut, mereka mencatat kawanan besar belut datang menghampiri umpan itu.

Peneliti juga mengatakan belum ada studi di bawah kedalaman 1.000 meter yang menemukan kawanan ikan dalam jumlah melimpah seperti ini. Penemuan terakhir di kedalaman 4.400 meter hanya menarik 68 ikan zoarcid.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini