5 Brand Lokal Unjuk Gigi di Opening Jakarta Fashion Week 2021

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 12:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 194 2317244 5-brand-lokal-unjuk-gigi-di-opening-jakarta-fashion-week-2021-AkvsVQouof.jpg Jakarta Fashion Week 2021 (Foto : JFW.TV)

Jakarta Fashion Week 2021 resmi menggelar opening show pada Kamis sore (26/11/2020) secara virtual melalui JFW.TV. Opening show kali ini mempersembahkan 5 brand lokal. Ada Ai Syarif 1965, Bateeq, Calla the Label, Eureka, dan Hattaco.

Pada Jakarta Fashion Week 2021 Kali ini, koleksi terbaru Ai Syarif 1965 mengangkat tema "HOPE". Maksudnya memiliki harapan besar untuk bisa kembali bekerja dan sekolah dengan tenang tanpa adanya virus.

JFW 2021

Ia merancang desain busana dengan memadukan warna-warna berani, seperti kuning dan merah muda dengan putih pucat. Dilengkapi dengan topi untuk melindungi dari panas dan hujan.

“Warna off white menggambarkan putihnya hati dan ketenangan. Sedangkan warna-warna berani menggambarkan semangat, dinamis, dan optimis. Tetap tampil trendy,” kata Ai Syarif menurut keterangan resmi yang diterima Okezone.

Baca Juga : Karya Mendiang Barli Asmara Torehkan Cerita Indah Jakarta Fashion Week 2021

Keseluruhan material busana berbahan denim dan katun. Pada beberapa koleksi miliknya, tertera tulisan “HOPE” di bagian depan atau belakang busana.

JFW 2021

Berbeda dengan Ai Syarif, Bateeq menghadirkan 12 tampilan siap pakai dari koleksi 'Kasada' Musim Gugur/Musim Dingin 2020. Ini terinspirasi dari Upacara Yadnya Kasada (atau Kesodo) yang dilakukan oleh Suku Tengger, Jawa Timur, juga batik tambal dan kombinasi batik tradisional kawung, parang, dan truntum.

“Kasada dibangun di atas gaya pakaian dari budaya Tengger, dengan sentuhan dan sentuhan yang memberi mereka pendekatan modern dan lebih praktis untuk pakaian sehari-hari,” ujar Michelle dari Bateeq.

Tenun Lurik, kain tradisional bergaris-garis yang berasal dari Jawa juga dikembangkan oleh mereka. Memusatkan nada-nada warna busana dengan menampilkan warna gelap seperti hitam, biru, abu-abu, dan zaitun dikombinasi dengan warna cerah seperti putih pudar dan kuning musim gugur.

JFW 2021

Calla the Label mengambil tema “happines” pada koleksi kali ini. Selain koleksi busana yang dapat dikenakan untuk liburan, koleksi Calla juga bisa digunakan untuk ke kantor, bahkan sehari-hari di rumah. Bahan yang digunakan adalah kain organik dengan tambahan twill denim untuk aksen lebih tebal.

“Tema ini diaplikasikan ke dalam berbagai pattern lucu dan cheerful, warna yang seru akan membawa happy mood dan positive vibe, dengan DNA kita yang ceria dan warna-warni,” ucap Yeri Afriyani, desainer Calla the Label.

Seperti Calla the Label, Eureka juga menampilkan koleksi dengan warna yang seru. Cherish Spring/Summer 2021 adalah koleksi dengan simbol penuh harapan di tahun baru yang lebih baik dan dipenuhi kebahagiaan menurut Frederika Cynthia, desainer Eureka.

JFW 2021

Busana koleksi Eureka memadukan warna-warna pastel dengan motif bunga bermekaran. Detail klasik Eureka seperti handmade frays dapat ditemukan di berbagai produk rok drape, bra top, dress serta celana.

Sedangkan Hattaco, meluncurkan koleksi bertemakan "COCOON", sebuah capsule collection unisex yang menggabungkan tampilan formal dan kasual, terinspirasi dari kehidupan new normal.

JFW 2021

Memadukan warna monokrom dengan sentuhan warna biru langit dan acid green. Koleksi ini menyediakan pilihan lengkap untuk new (ab)normal namun tetap fashionable, minimalis namun modern. Perpaduan pakaian yang cocok digunakan saat work from home, set pakaian olahraga, hingga lite parka ini akan hadir pada JFW 2021.



1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini