Pamerkan Keindahan Indonesia, Kemenparekraf Gandeng 3 Desainer di Jakarta Fashion Week 2021

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 20:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 194 2317645 pamerkan-keindahan-indonesia-kemenparekraf-gandeng-3-desainer-di-jakarta-fashion-week-2021-o4kBoowKCw.jpg Jakarta Fashion Week 2021 (Foto : JFW.TV)

Ada banyak cara yang bisa dipakai untuk memperlihatkan keindahan Indonesia yang memukau mata dunia, salah satunya lewat fashion. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melihat peluang ini dan lewat pekan mode Jakarta Fashion Week 2021, kementerian ini menggandeng 3 desainer hebat untuk menunjukkan keindahan yang dimiliki Indonesia.

Show Jakarta Fashion Week 2021 hari kedua itu bertajuk 'Wonderful Indonesia', menampilkan tiga desainer Indonesia yang luar biasa. Di sana ada ETU, Albert Yanuar, dan Lekat. Ketiga brand fashion ini coba menunjukkan warisan Nusantara dengan caranya masing-masing.

So, bagaimana para desainer ini memotret keindahan Indonesia dan mengaplikasikannya dalam bentuk pakaian? Berikut ulasan lengkapnya khusus untuk Okezoners:

1. Lekat

JFW 2021

Di show kali ini, sepertinya Lekat ingin menonjolkan sisi kesederhanaan dari Indonesia. Tidak hanya itu, warna-warna earth tone yang mendominasi koleksi memberi citra tersendiri yang penuh makna.

Koleksi Lekat ini pun sepertinya banyak menonjolkan sisi sustainability fashion yang sekarang ini sedang disuarakan para perancang mode. Ya, baju dengan material berkelanjutan menjadi inti dari koleksi dan Lekat coba menonjolkan sisi tersebut yang dikemas dalam busana bernuansa kasual, nyaman, dan penuh gaya dalam show JFW 2021 kali ini.

Baca Juga : 5 Brand Lokal Unjuk Gigi di Opening Jakarta Fashion Week 2021

2. Albert Yanuar

JFW 2021

Berbeda dengan koleksi Lekat, Abert Yanuar coba memperlihatkan sisi elegan dalam busana ready to wear premium. Dalam keterangan rilis yang diterima Okezone, Albert menjelaskan bahwa industri pariwisata menjadi salah satu bidang yang cukup terdampak pandemi dan sebagai seorang fashion desainer, ia merasa bertanggung jawab untuk bisa mempromosikan kekayaan wisata dan budaya Indonesia ke mata dunia dengan caranya, yaitu lewat fashion.

"Memori indah tentang tempat yang dikunjungi dituangkan ke dalam busana seperti bentuk lukisan dengan menggunakan teknik bordir tangan yang menjadi kekuatan dari garis rancangan Albert Yanuar," terangnya.

Penggunaan bahan baku benang bordir serat TENCEL yang terbuat dari Rumput Bambu Organik menjadi poin utama, karena limbah produksinya bisa terurai lingkungan (Biodegradable) yang menjadikan koleksi ini sustainable fashion dan mendukung gerakan Peduli Lingkungan.

3. ETU

JFW 2021

Seiring dengan bergulirnya waktu mengikuti masa pandemi yang masih membatasi kebebasan individu untuk beraktivitas, menenggelamkan diri dalam apresiasi karya seni maupun pesona flora dapat menjadi opsi aksi yang lebih positif. Pesan itu yang coba diperlihatkan ETU di Jakarta Fashion Week 2021.

Karena itu, Desainer ETU, Restu Anggraini melahirkan koleksi terbarunya untuk musim panas 2021 bertajuk RĂªverie. Dalam bahasa Prancis, RĂªverie memiliki arti sebagai rangakaian harapan dan impian akan sesuatu yang baik untuk dapat terwujud di masa depan.

"Spirit ini yang kemudian diracik dan dituangkan ke dalam koleksi busana siap pakai berpakem modest," terang ETU dalam keterangan resminya.

Musim ini ETU sepertinya banyak mengeksplorasi permainan motif yang dikembangkan sendiri. Salah satu motif yang diangkat terinspirasi oleh lukisan beraliran kubisme karya pelukis asal Belanda, Piet Mondrian, yang kemudian dikreasikan ulang lewat inheksi elemen logo yang disematkan secara unik dan subtil.

Permainan logomania pun diperlihatkan ETU di koleksi ini. Tidak hanya itu, motif bunga lili yang melambangkan harapan maupun kehidupan baru diperlihatan ETU. "Bunga lili sengaja dipilih sebagai bentuk optimisme akan kondisi kehidupan yang lebih baik pasca melewati pandemi, serta selaras dengan makna dari judul koleksi sekarang," tambah Restu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini