5 Manfaat Buah Pir, Salah Satunya Meningkatkan Kesehatan Jantung

Adella Christyanti, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 298 2317301 5-manfaat-buah-pir-salah-satunya-meningkatkan-kesehatan-jantung-SAyNfZW7od.jpg Buah pir (Foto: USDA)

Buah pir adalah buah manis dan segar yang dinikmati sejak zaman kuno. Buah ini juga renyah.

Namun sejatinya, buah pir tidak hanya lezat tetapi juga banyak manfaat kesehatannya. Buah yang memiliki warna kuning keemasan ataupun hijau ini mengandung banyak mineral, sehingga sangat dibutuhkan tubuh untuk mengatasi dehidrasi.

Namun, sayangnya masih banyak yang tidak mengetahui manfaat kesehatan dari buah pir ini lho. Berikut ini 5 manfaat kesehatan dari buah pir dilansir dari Healthline.

 pir

1. Bergizi tinggi

Buah pir memiliki banyak varietas berbeda. Pir juga kaya akan mineral penting, seperti tembaga dan kalium. Tidak hanya itu, pir sangat kaya dengan folat, vitamin C, tembaga, dan kalium. Mereka juga merupakan sumber antioksidan polifenol yang baik.

2. Meningkatkan kesehatan usus

Pir adalah sumber serat larut dan tidak larut yang sangat baik, yang penting untuk kesehatan pencernaan. Selain, menawarkan serat makanan, buah pir juga termasuk prebiotik, yang meningkatkan keteraturan usus, meredakan sembelit, dan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Untuk mendapatkan serat paling banyak dari buah pir Anda, makanlah dengan kulitnya.

3. Menurunkan risiko diabetes

Satu studi besar di lebih dari 200.000 orang menemukan bahwa makan 5 atau lebih porsi mingguan buah kaya antosianin seperti pir merah dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang 23% lebih rendah.

Terlebih lagi, serat dalam pir memperlambat pencernaan, memberi tubuh Anda lebih banyak waktu untuk memecah dan menyerap karbohidrat. Ini juga dapat membantu mengatur kadar gula darah, berpotensi membantu mencegah dan mengendalikan diabetes.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Buah pir dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Pir kaya akan antioksidan kuat, seperti procyanidins dan quercetin, yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan tekanan darah dan kolesterol. Makan buah pir secara teratur juga dapat mengurangi risiko stroke.

Baca juga: Maradona Meninggal Akibat Henti Jantung, Kenali Gejala hingga Pencegahannya

5. Membantu menurunkan berat badan

Pir rendah kalori, tinggi air, dan kaya serat. Makan buah pir secara teratur dapat membantu Anda merasa kenyang karena kandungan air dan seratnya yang tinggi. Pada gilirannya, ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini