Rasa Kurang Lezat? Ketahui 7 Kesalahan Memasak Lobster

Uthari Handayani, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 17:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 298 2317559 rasa-kurang-lezat-ketahui-7-kesalahan-memasak-lobster-Q4Ho0wUVLD.jpg (Foto: Tastemade)

Memasak lobster tidak boleh sembarangan, lho. Apabila seseorang salah saat memasak lobster, maka bisa jadi hidangan makanan yang satu ini tidak sesuai dengan harapan.

Perhatikan rangkuman Mashed terhadap kesalahan-kesalahan berikut yang perlu Anda hindari saat memasak lobster.

1. Menggunakan lobster beku

Lobster yang beku tidak akan terasa segar. Hindari menggunakan lobster beku jika Anda menginginkan hasil daging yang lembut dan lezat.

2. Salah memilih lobster

Ada beberapa cara memilih lobster yang berkualitas bagus. Pertama, pastikan lobster tersebut masih hidup, angkat capitnya, gerakan kaki-kakinya, dan kepakan ekornya. Pilih juga yang bercangkang lunak dan berukuran sedang.

Jangan tergiur dengan lobster dengan ukuran besar dengan cangkang keras karena cenderung memiliki daging yang lebih keras juga. Sehingga sulit menghasilkan rasa manis alami dan tekstur lembut yang diinginkan.

3. Undercook

Beberapa hidangan laut memang disajikan mentah. Tapi untuk lobster, masakannya yang undercook bisa menghasilkan daging yang berlendir dan tidak bisa disajikan.

 Apabila seseorang salah saat memasak lobster, maka bisa jadi hidangan makanan yang satu ini tidak sesuai dengan harapan.

Baca juga: Diego Maradona Meninggal, Ini Deretan Penyakit Semasa Hidupnya

4. Overcook

Masaklah lobster dengan tingkat kematangan yang pas. Memasaknya terlalu lama akan menghasilkan daging yang kurang juicy dan tidak terlalu enak. Pastikan cangkang lobster sudah berubah merah seutuhnya sebelum disajikan.

5. Membuang jeroan lobster

Jangan sia-siakan jeroan lobster yang berwarna kuning kehijauan ini. Meskipun kelihatan sedikit menjijikan tapi sebenarnya cukup enak dan pekat. Jeroan lobster atau disebut tomalley ini bisa digunakan untuk membuat sausnya, gabungkanlah dengan mentega.

6. Membuang cangkangnya

Gunakan segala kelebihan yang diberikan hasil laut mahal ini. Simpan dulu cangkangnya sebelum dibuang. Seperti halnya tulang sapi dan ayam, jadikanlah kaldu. Cangkang lobster juga kaya akan rasa.

7. Memasak lobster dengan terlalu banyak bumbu

Daging lobster sendiri sudah menghasilkan rasa manis alami. Tidak perlu memasaknya dengan bumbu yang berlebihan karena hanya akan menyamarkan rasa aslinya. Sebagai gantinya jika tetap ingin memberi rasa tambahan, bisa menggunakan saus tomalley dan mentega tadi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini