5 Manfaat Daun Kemangi yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 298 2317575 5-manfaat-daun-kemangi-yang-jarang-diketahui-apa-saja-cwiSODffqX.jpg Daun kemangi (Foto: Properly Rooted)

Daun kemangi sering dimasak untuk dijadikan sayur yang lezat. Selain itu daun kemangi juga sering dijadikan bahan lalapan makan ikan atau ayam goreng.

Namun sejatinya daun kemangi ini tak hanya lezat untuk lalapan. Daun kemangi juga memiliki banyak manfaat seperti dilansir dari NDTV

 kemangi

1. Mengurangi kolestrol

Minyak esensial yang ada di kemangi, bisa membantu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol, yang merupakan faktor risiko yang terjadi terus-menerus bagi penderita diabetes.

2. Mengatasi sakit perut

Minyak atsiri esensial dari kemangi telah digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai masalah perut.

Mengkonsumsi kemangi diketahui dapat membantu mengurangi perut kembung dan retensi air, menstimulasi hilangnya nafsu makan hingga bisa menyembuhkan refluks asam.

3. Baik untuk sistem pencernaan

Menurut buku, 'Healing Foods' oleh DK Publishing, kemangi dapat memfasilitasi pencernaan yang optimal, dengan adanya kandungan eugenol sebagai anti-inflamasi di saluran pencernaan.

Disebutkan kemangi bisa membentengi sistem pencernaan dan saraf, selain itu kemangi juga dikatakan bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk sakit kepala dan insomnia. Secara umum, kemangi keseimbangan asam dalam tubuh dan mengembalikan tingkat pH tubuh ke level yang tepat.

4. Anti-inflamasi

Minyak esensial kuat dalam kemangi, eugenol, sitronelol dan linalool, diketahui dapat membantu menurunkan peradangan melalui adanya sifat sifat penghambat enzim yang dimiliki.

Sifat anti-peradangan dari kemangi dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, rheumatoid arthritis dan kondisi inflamasi usus. Mengonsumsi kemangi juga bisa menenangkan demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, batuk, flu.

Baca juga: Maradona Meninggal Akibat Henti Jantung, Kenali Gejala hingga Pencegahannya

5. Membersihkan kulit

Tahukah Anda, kandungan minyak dalam kemangi bisa membantu membersihkan kulit dari dalam. Di mana kemangi sebagai pembersih ini, sangat cocok bagi si pemilik tipe kulit berminyak.

Lalu bagaimana caranya menggunakan kemangi untuk kotoran yang menyumbat pori-pori kulit? Cukup dengan membuat pasta dari daun kemangi, pasta cendana dan air mawar.

Oleskan pasta di wajah secara merata dan biarkan selama 20 menit. Bilas wajah sampai bersih dengan air dingin. Sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang kuat dari kemangi akan membantu mencegah pembentukan jerawat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini