Selain Maradona, Tokoh-Tokoh Ini Meninggal Akibat Henti Jantung

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 07:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 481 2317075 selain-maradona-tokoh-tokoh-ini-meninggal-akibat-henti-jantung-uNjObP2f0C.jpg Diego Maradona. (Foto: Reuters)

LEGENDA sepakbola dunia Diego Maradona meninggal dunia pada Rabu 25 November 2020 malam. Insan olahraga pun berduka. Maradona wafat dalam usia 60 tahun setelah mengalami henti jantung.

Selain Diego Maradona, ada sejumlah tokoh yang meninggal akibat henti jantung, termasuk tokoh-tokoh besar. Faktor keadaan darurat medis ini biasanya terjadi karena gumpalan darah di jantung.

Baca juga:  Maradona Tutup Usia, Ini Perbedaan Henti Jantung dan Serangan Jantung 

Berikut empat tokoh besar yang meninggal dunia akibat henti jantung, sebagaimana telah Okezone rangkum.

1. Michael Jackson

Penyanyi legendaris Michael Jackson juga meninggal dunia akibat serangan jantung. Ia mengembuskan napas terakhir pada 25 Juni 2009.

Kepergian Raja Pop tersebut menghebohkan dunia. Sebelumnya Michael Jackson dirawat di rumah sakit akibat serangan jantung, hingga akhirnya meninggal dunia.

Michael Jackson. (Foto: Instagram)

2. Didi Kempot

Musisi campur sari Didi kempot meninggal dunia pada 5 Mei 2020 di Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta, Jawa Tengah, usai mengalami henti jantung akibat kelelahan.

Gejala utamanya adalah hilangnya kesadaran dan tidak responsif. Kondisi ini bisa terjadi kepada siapa pun meski tidak didiagnosis menderita sakit jantung.

Selain itu kondisi ini sangat serius karena jantung berhenti berdetak, atau sering disebut kematian jantung mendadak. Sebab, kondisi ini menghambat aliran oksigen ke otak dan organ penting lain di dalam tubuh.

Didi Kempot

Baca juga: Maradona Kecanduan Alkohol, Ini Dampak Negatifnya bagi Jantung 

3. BJ Habibie

Presiden ketiga Republik Indonesia BJ Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, pada 11 September 2019, setelah menjalani perawatan intensif selama 10 hari karena sakit.

Pria yang akrab disapa Eyang ini meninggal dunia akibat gagal jantung. Indonesia pun kehilangan salah satu tokoh besar yang telah mengharumkan nama bangsa.

BJ Habibie

Baca juga: Maradona Meninggal Dunia karena Henti Jantung, Yuk Kenali Perbedaannya dengan Serangan Jantung 

4. Diego Maradona

Pesepakbola legendaris asal Argentina, Diego Maradona, meninggal dunia pada Rabu 25 November 2020 akibat henti jantung.

Sebelumnya pada awal November, ia sempat dilarikan ke rumah sakit karena ada gumpalan darah di otak dan tengkoraknya. Operasi otak pun dijalani dan berjalan sukses hingga diperbolehkan pulang pada 11 November 2020.

Diego Maradona. (Foto: FIFA)

Baca juga: Mengenal Henti Jantung yang Dialami Diego Maradona Sebelum Meninggal 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini