Tips Sehat di Musim Hujan, Makan Sayur hingga Hindari Genangan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 09:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 481 2317125 tips-sehat-di-musim-hujan-makan-sayur-hingga-hindari-genangan-ls8xBahfDG.jpg Ilustrasi musim hujan. (Foto: Erik Witsoe/Unsplash)

HUJAN sudah mulai turun di sebagian wilayah Indonesia. Imbauan untuk menjaga kesehatan pun terus digaungkan. Pasalnya ketika seseorang terkena hujan, rentan mengalami penurunan kondisi kesehatan. Maka itu, menjaga kesehatan jadi hal terpenting yang harus dilakukan saat musim hujan tiba.

Penyakit yang biasa menyerang seseorang di kala musim hujan adalah flu dan demam. Keadaan ini akan membuat tubuh menjadi tidak enak, dan menjadi cenderung sulit beraktivitas. Oleh karena itu, perlu dilakukan sejumlah pencegahan yang efektif.

Baca juga: Waspada, Ini 4 Penyakit saat Musim Hujan 

Sebagaimana dikutip dari Maydensupport, Jumat (27/11/2020), berikut 10 cara menjaga kesehatan tubuh ketika musim hujan.

1. Tingkatkan imunitas

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah meningkatkan imunitas tubuh. Sebagian besar penyakit dan infeksi terjadi pada musim hujan akibat kurangnya daya tahan tubuh.

Selain itu, akibat kelembapan yang berlebihan di atmosfer, Anda akan rentan terhadap batuk, pilek, dan demam. Agar tetap terlindungi, Anda dapat mencoba beberapa pengobatan rumahan seperti menambahkan bawang putih ke dalam sup dan menambahkan jahe ke dalam teh.

Hujan

2. Makan sayuran

Ini juga tips penting, seperti disarankan para ahli. Di beberapa budaya, makan sayur seperti pare merupakan bagian dari tradisi, terutama di musim hujan. Ada banyak manfaat yang didapatkan dari sayuran semacam ini, dan maka itu Anda perlu memasukkannya ke dalam makanan harian.

3. Minum air hangat

Berbagai penyakit dapat muncul di musim hujan karena air yang tercemar. Oleh karena itu, pastikan Anda minum air minum yang bersih dan aman. Air hangat di rumah bisa menjadi cara terbaik untuk menyingkirkan penyakit semacam itu.

Baca juga: 3 Cara Bersihkan Sepatu Basah karena Air Hujan, Mudah dan Cepat Lho 

4. Konsumsi susu

Selama musim hujan, susu dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan sebagai alternatif, Anda dapat memilih produk susu lain seperti keju cottage, yoghurt segar, dan susu mentega. Produk-produk ini akan membantu meningkatkan pencernaan dan membuat Anda tetap sehat.

5. Sertakan teh herbal

Kita semua tahu beberapa manfaat teh ini. Sekarang saatnya beralih ke teh herbal daripada teh biasa untuk memastikan kesehatan yang lebih baik. Meningkatkan kekebalan dan nafsu makan Anda adalah dua hasil instan yang akan Anda lihat setelah beberapa hari.

6. Berhati-hatilah saat memilih buah

Makan semua buah adalah kebiasaan yang baik saat Anda mendapatkan makanan lengkap dengan banyak nutrisi yang bersumber dari masing-masing buah. Namun ketika musim hujan, sebaiknya hindari buah-buahan tertentu seperti semangka. Sebagai gantinya, Anda bisa memakan buah-buahan seperti pir, mangga, apel, dan delima.

Baca juga: Hujan Turun saat Mustajab Berdoa 

7. Jauhi makanan pedas

Jika Anda gemar makanan pedas, musim hujan adalah waktu di mana perlu membatasi diri untuk tidak memakannya. Ini adalah saat di mana Anda mungkin mengalami alergi dan iritasi kulit karena makanan semacam itu. Sebagai gantinya, Anda bisa memasukkan sup sehat dan makanan hangat dengan rasa pedas rendah atau sedang.

8. Hindari air menggenang

Air yang menggenang dari hujan dapat menyebabkan penyakit parah dan oleh karena itu, Anda perlu menghindarinya. Usahakan untuk membuang air di dalam tangki yang tidak digunakan, pendingin air, dan pot bunga. Menjaga permukaan air tetap bersih dan kering akan memberi Anda manfaat yang sangat besar.

Baca juga: Mau Tampil Cantik dan Menawan saat Musim Hujan, Ini 5 Caranya 

9. Gunakan pengusir nyamuk

Serangga berkembang biak dengan cepat selama musim hujan dan ini menyebabkan masalah kesehatan yang besar. Pengusir nyamuk adalah suatu keharusan selama ini bersama dengan beberapa peretasan lainnya seperti penyegar ruangan, deterjen ringan, dan parfum.

10. Membawa payung dan jas hujan

Kapan pun Anda pergi keluar, usahakan membawa payung atau jas hujan atau keduanya, bila diperlukan selama musim hujan. Menjaga diri Anda tetap kering, segar, dan bersih adalah cara terbaik untuk menghindari penyakit seperti pilek, batuk, flu, serta demam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini