Apa Dampak Mengonsumsi Herbal Berlebihan?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 481 2317179 apa-dampak-mengonsumsi-herbal-berlebihan-vZjWbqcf4j.jpg Minum herbal (Foto: Think Right)

Tak sedikit pasien dengan masalah penyakit kronis memutuskan untuk mencari pengobatan tambahan dengan mengonsumsi herbal. Herbal dilirik oleh sebagian orang karena bahan alami yang terkandung di dalamnya sehingga aman untuk dikonsumsi.

Meskipun aman, namun seseorang tidak disarankan untuk mengonsumsi herbal secara berlebihan.

 herbal

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr. Inggrid Tania, Msi menjelaskan, pada dasarnya herbal aman untuk dikonsumsi. Namun jika herbal diminum secara berlebihan tentu akan menimbulkan efek samping pada kesehatan yang tidak diinginkan.

“Mengonsumsi herbal berlebihan, umumnya menyebabkan gangguan pencernaan berupa diare, muntah. Jika konsumsinya berlebihan dengan jangka menengah menyebabkan gangguan fungsi hati. Sementara efek jangka panjangnya bisa menyebabkan gangguan fungsi ginjal,” terang dr. Inggrid Tania, dalam Digital Press Launch Herbatia, beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan ini dr. Inggrid pun menjelaskan persepsi masyarakat yang kurang tepat terhadap herbal. Pasalnya banyak masyarakat yang menyebut herbal tidak memiliki efek samping, sehingga tak sedikit dari mereka yang menggunakannya secara kurang tepat.

“Pendapat ini tentu salah, karena apapun yang kita konsumsi akan menyebabkan efek samping. Yang benar adalah mengonsumsi herbal sangat minim efek samping,” tambahnya.

Dokter yang menekuni ilmu herbal ini menjelaskan setiap herbal memiliki dosis masing-masing. Menurutnya jika herbal terbuat dari bahan segar, maka rentang dosisnya bisa besar karena aman untuk dikonsumsi. Namun berbeda halnya dengan herbal yang sudah dikemas dan diproduksi secara modern.

Baca juga: Maradona Meninggal Akibat Henti Jantung, Kenali Gejala hingga Pencegahannya

“Kalau minum herbal dalam kesediaan modern, maka petunjuk penggunaan sudah tertera dalam kemasan. Aturan itu harus diikuti, dan konsumsinya jangan diluar aturan pakai. Konsultasikan dengan dokter. Nanti akan dibicarakan mengenai dosis yang seusai. Ada orang yang tidak boleh mengonsumsi herbal, yaitu orang yang memiliki alergi terhadap herbal tertentu,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini