Demam, Coba Obati dengan 6 Bahan Alami Ini

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 11:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 481 2317228 demam-coba-obati-dengan-6-bahan-alami-ini-rSLycM3vqJ.jpg Mengalami demam (Foto: NPR)

Saat tubuh sedang drop, kadang kita mengalami demam. Hal ini ditandai dengan suhu tubuh yang naik, sakit kepala, sakit otot, kehilangan nafsu makan, dehidrasi, lemas, dan sedikit menggigil.

Jika Anda hanya mengalami demam ringan, maka Anda bisa mengatasinya dengan berbagai bahan alami seperti dilansir dari Food NDTV berikut ini.

 kemangi

1. Kemangi

Kemangi adalah ramuan efektif untuk menurunkan demam. Ambil sekitar 20 lembar daun kemangi dan rebus, tambahkan 1 sdt jahe yang sudah dihaluskan ke dalam air tulsi yang sudah disaring, lalu rebus hingga larutan berkurang menjadi setengahnya. Tambahkan sedikit madu dan minum teh ini 2-3 kali sehari selama tiga hari untuk meredakan nyeri.

2. Bawang putih

Bawang putih dikemas dengan banyak sifat antibakteri, menurut buku Healing Foods oleh DK Publishing. Salah satunya senyawa allicin, yang bersifat antibakteri dan antijamur. Hancurkan 1 siung bawang putih dan tambahkan ke dalam 1 cangkir air panas. Biarkan selama 10 menit, lalu saring. Anda bisa minum ini 2 kali sehari.

 

3. Jahe

Ramuan ini terbukti dapat membantu mengobati pilek, flu, radang, sakit tenggorokan, dan demam. Unsur antivirus dan antibakteri alaminya membantu melawan infeksi di tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh. Beri 1 1/2 sdt jahe parut ke dalam 1 cangkir air mendidih, tambahkan madu untuk memberi rasa, dan minum teh ini 3-4 kali sehari.

4. Daun ketumbar

Menurut The Complete Book of Ayurvedic Home Remedies oleh Dr. Vasant Lad, memasukkan segenggam daun ketumbar ke dalam blender dengan sekitar 1/3 cangkir air, diblender hingga bersih dan disaring, dapat membantu meringankan gejala demam.

5. Anggur

Masukkan anggur yang dingin ke dalam 1 cangkir jus anggur, tambahkan 1/2 sdt jintan, 1/2 sdt adas, dan 1/2 sdt bubuk cendana, lalu minum. Ini dipercaya membantu meredakan demam.

Baca juga: Maradona Meninggal Akibat Henti Jantung, Kenali Gejala hingga Pencegahannya

6. Cuka sari apel

Sifat cuka yang sedikit asam membantu pendinginan tubuh. Vitamin dan mineral yang ada dalam cuka sari apel membantu mengisi tubuh dengan mineral. Campurkan 2 sdt cuka sari apel dan 1 sdm madu dalam segelas air dan minum ramuan tersebut 2-3 tiga kali sehari.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini