Takut Kena Penyakit Jantung, Ini Cara Menurunkan Risikonya

Adella Christyanti, Jurnalis · Sabtu 28 November 2020 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 481 2317275 takut-kena-penyakit-jantung-ini-cara-menurunkan-risikonya-5BV98rYOoW.jpg Tidur yang cukup (Foto: Healthline)

Penyakit jantung merupakan penyakit yang paling banyak ditakuti kebanyakan orang. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Penting untuk memeriksakan tekanan darah Anda secara teratur.

Penyakit ini digolongkan menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Nah, biasanya cara mencegah penyakit ini dimulai dari perubahan gaya hidup seperti dilansir dari Medlineplus.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung?

 terlalu banyak burger bikin gendut dan punya kolestrol

1. Jaga kadar lolesterol dan trigliserida terkendali

Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyumbat arteri dan meningkatkan risiko penyakit arteri koroner dan serangan jantung. Perubahan gaya hidup dan obat-obatan (jika diperlukan) dapat menurunkan kolesterol Anda. Trigliserida adalah jenis lemak lain di dalam darah.

Kadar trigliserida yang tinggi juga dapat meningkatkan risiko penyakit arteri koroner, terutama pada wanita.

2. Pertahankan berat badan yang sehat

Kelebihan berat badan atau mengalami obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Ini sebagian besar karena mereka terkait dengan faktor risiko penyakit jantung lainnya, termasuk kadar kolesterol dan trigliserida darah tinggi, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Mengontrol berat badan Anda dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

3. Makan makanan sehat

Cobalah untuk membatasi lemak jenuh, makanan tinggi natrium, dan tambahan gula. Makan banyak buah segar, sayuran, dan biji-bijian. Diet kolestrol bisa dilakukan untuk membantu Anda menurunkan tekanan darah dan kolesterol, dua hal yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca juga: Maradona Meninggal Akibat Henti Jantung, Kenali Gejala hingga Pencegahannya

4. Olahraga secara teratur

Olahraga memiliki banyak manfaat, termasuk memperkuat jantung dan meningkatkan sirkulasi. Ini juga dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat dan menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Semua ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Jangan merokok

Merokok dapat meningkatkan tekanan darah Anda dan membuat Anda berisiko lebih tinggi terkena serangan jantung dan stroke. Jika Anda tidak merokok, jangan mulai.

Jika Anda merokok, berhenti merokok akan menurunkan risiko penyakit jantung. Anda dapat berbicara dengan penyedia layanan kesehatan untuk mendapatkan bantuan dalam menemukan cara terbaik bagi Anda untuk berhenti merokok.

6. Hindari stres

Stres dikaitkan dengan penyakit jantung dalam banyak hal. Itu bisa meningkatkan tekanan darah Anda. Stres yang ekstrim bisa menjadi pemicu serangan jantung.

Beberapa cara untuk membantu mengelola stres Anda termasuk olahraga, mendengarkan musik, fokus pada sesuatu yang tenang atau damai, dan bermeditasi.

7. Pastikan Anda cukup tidur

Jika Anda tidak cukup tidur, Anda meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, obesitas, dan diabetes. Ketiga hal tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan 7 hingga 9 jam tidur setiap malam. Pastikan Anda memiliki kebiasaan tidur yang baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini