Diego Maradona Terkena Henti Jantung, Ini 6 Olahraga untuk Tingkatkan Kesehatan Jantung

Uthari Handayani, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 481 2317328 diego-maradona-terkena-henti-jantung-ini-6-olahraga-untuk-tingkatkan-kesehatan-jantung-uT8OkaDIlx.jpg Legenda Sepakbola Diego Maradona (Foto: Inst Portalclique Oficial)

Lebih baik mencegah sakit jantung daripada mengobatinya. Sebab sudah banyak orang yang meninggal akibat penyakit jantung seperti henti jantung yang baru saja dialami oleh legenda sepakbola dunia, Diego Maradona.

Seperti dilansir dari Inter Mountain Health Care, orang yang tidak berolahraga dua kali lebih mungkin terkena penyakit jantung daripada yang rutin melakukan olahraga.

Lalu apa saja olahraga untuk meningkatkan kesehatan jantung?

 jalan kaki

1. Berjalan kaki

Ini adalah pilihan pertama yang termudah. Keluarlah dan ambil udara segar dengan sedikit berjalan-jalan. Anda bisa melakukannya kapan dan di mana saja. Bisa setelah makan siang atau malam dan sisakan waktu lebih lama di akhir pekan.

Apalagi jalan cepat, temponya akan meningkatkan detak jantung Anda. Pakailah sepatu yang sesuai agar terhindar dari lecet.

2. Olahraga beban

Tidak perlu menggunakan alat-alat gym untuk melakuakan olahraga beban. Gunakan tubuh Anda sendiri untuk push-up, squats, dan pull-up. Olahraga ini selain bagus untuk jantung, bisa juga menambah massa otot dan membakar lemak.

3. Berenang

Bosan dengan olahraga darat? Cobalah berenang. Mengikuti kelas aerobik air bisa memperkuat tubuh dan jantung Anda.

4. Yoga

Yoga adalah pilihan lainnya yang bisa memperkuat jantung Anda dan mengencangkan otot. Jenis yoga tertentu benar-benar bisa meningkatkan detak jantung selagi memperoleh ketenangan yang akan menurunkan tekanan darah.

5. Interval training

Latihan ini adalah cara berolahraga ringan dan berat secara bergantian dengan mengulanginya beberapa saat. Misalnya Anda berlari selama satu menit, setelah itu berjalan selama tiga menit, dan mengulangi siklus tersebut. Membuat detak jantung Anda naik-turun akan membantu pembakaran kalori dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Baca juga: Maradona Meninggal Akibat Henti Jantung, Kenali Gejala hingga Pencegahannya

6. Bersepeda

Gowes sepeda salah satu yang sedang populer di ibu kota belakangan ini. Ternyata olahraga ini terbukti membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, telah terbukti juga bisa meningkatkan kesehatan mental. Tunggu apa lagi? Yuk mulai olahraga.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini