4 Makanan yang Harus Dihindari demi Kesehatan Jantung

Adella Christyanti, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 481 2317385 4-makanan-yang-harus-dihindari-demi-kesehatan-jantung-aykcHHvK6F.jpg Makanan manis (Foto: Too Sweet Cakes)

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mengerikan dan ditakuti oleh semua orang. Oleh karena itu, orang yang kena penyakit jantung harus segera ditangani dokter khusus.

Nah, pola makan dan gaya hidup sangat erat kaitannya dengan risiko penyakit jantung. Lalu makanan apa saja yang sebaiknya dihindari agar tak terkena penyakit jantung seperti dilansir dari Time.

 makanan cepat saji

1. Makanan tinggi lemak atau cepat saji

Penyakit jantung yang paling umum adalah penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah arteri oleh plak. Plak pada arteri ini terbentuk oleh lemak dan kolesterol dari makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Jika makanan tinggi lemak dan kolesterol sering dikonsumi, risiko penyakit jantung akan semakin besar. Contoh makanan yang dilarang untuk pengidap penyakit jantung ini adalah pizza, burger, daging dengan lemaknya, dan berbagai makanan yang digoreng.

2. Daging olahan

Potongan daging dingin dan daging yang diawetkan (seperti bacon dan sosis) bisa mengandung lemak jenuhnya yang tinggi. Sumber protein hewani memang baik untuk jantung, tetapi pilihan rendah lemak pun cenderung sangat tinggi garam.

Anda bisa mendapatkan nutrisi ini dari daging sapi. Namun bukan daging sapi olahan, seperti sosis, kornet, atau daging asap.

3. Makanan manis

Selama bertahun-tahun, lemak dicap sebagai makanan penyebab penyakit jantung terbesar. Makanan manis yang banyak lemak juga jadi penyebab obesitas.

Agar berat badan tidak berlebihan, konsumsi makanan tinggi gula harus dihindari. Apalagi dikonsumsi terlalu sering. Contoh makanan tinggi gula yang menjadi pantangan untuk pasien penyakit jantung adalah manisan buah kering, permen, kue-kue manis, dan es krim.

 Baca juga: Maradona Meninggal Akibat Henti Jantung, Kenali Gejala hingga Pencegahannya

4. Margarin dan mayonaise

Konsumsi mayonaise dan margarine terlalu sering dikhawatirkan memicu kenaikan kolesterol dan memperburuk penyakit kardiovaskular. Penggunaan keduanya harus dikurangi. Lebih baik memakai minyak zaitun untuk menggorang atau memanggang.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini