Duduk Terlalu Lama Sangat Buruk bagi Kesehatan, Imbangi dengan Cara Ini

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 481 2317459 duduk-terlalu-lama-sangat-buruk-bagi-kesehatan-imbangi-dengan-cara-ini-qsaiVUcaCs.jpg Ilustrasi duduk di kantor. (Foto: Drobotdean/Freepik)

SEBAGIAN besar orang bisa menghabiskan waktu berjam-jam duduk di depan meja untuk bekerja. Hal ini jelas tidak baik bagi kesehatan, terlebih lagi jika dilakukan dalam jangka panjang. Namun, studi baru menunjukkan dampak negatif dari hal tersebut dapat dicegah dengan olahraga 30 hingga 40 menit per hari.

Hasil studi yang telah diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine (BHSM) ini mengungkapkan 40 menit olahraga fisik sedang hingga berat dapat mengimbangi dampak buruk 10 jam duduk diam. Kesimpulan ini didapatkan dari meta-analisis di sembilan studi sebelumnya yang melibatkan total 44.370 orang di negara berbeda.

Baca juga: Awas, Duduk Lebih dari 9,5 Jam Sehari Bisa Picu Kematian Dini! 

Penelitian itu menemukan risiko kematian lebih tinggi pada orang yang duduk diam dan sedikit melakukan olahraga atau aktivitas fisik.

"Pada individu aktif yang melakukan aktivitas fisik sedang hingga berat 30 hingga 40 menit per hari dapat mengimbangi risiko kematian terlalu lama duduk diam," tulis para peneliti dalam studi baru ini, sebagaimana dikutip dari Science Alert, Jumat (27/11/2020).

Dengan kata lain, aktivitas fisik yang intensif seperti bersepeda, jalan cepat, dan berkebun dapat menurunkan risiko kematian dini. Studi ini dilakukan bersamaan dengan rilis Pedoman Global 2020 WHO tentang Aktivitas Fisik dan Perilaku Menetap yang dikumpulkan dari 40 ilmuwan di enam benua.

Baca juga: 8 Manfaat Jus Lidah Buaya, Atasi Sembelit hingga Bisa Jaga Kecantikan 

Peneliti aktivitas fisik dan kesehatan populasi Emmanuel Stamatakis mengatakan pedoman tersebut sangat tepat waktu mengingat pandemi virus corona (covid-19) yang mengharuskan banyak kegiatan dari rumah.

Penelitian ini sejalan dengan pedoman WHO terbaru yang merekomendasikan 150 sampai 300 menit dengan intensitas sedang atau 75 hingga 150 menit aktivitas fisik kuat setiap pekan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini