Cocok untuk Diet, Buah Ceri Mengandung Banyak Manfaat

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 481 2317609 cocok-untuk-diet-buah-ceri-mengandung-banyak-manfaat-qpjMwWtnNX.jpg (Foto: Mensfitness)

Ceri adalah buah yang lezat yang mengandung vitamin, mineral, dan senyawa tanaman dengan efek kesehatan yang kuat. Buah kecil berwarna merah yang manis ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Mungkin kita pernah mendapati anak kecil memetik buah ini di pinggir jalan. Juga, tak jarang buah ceri dijadikan penghias kue.

Seperti dilansir dari Healthline, berikut manfaat buah ceri bagi tubuh yang mungkin Anda belum ketahui.

1. Banyak nutrisi

Ceri merupakan sumber serat yang baik, yang membantu menjaga sistem pencernaan dan meningkatkan keteraturan usus. Buah ini mengandung vitamin C yang sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan dan kesehatan kulit, juga kalium yang dibutuhkan untuk kontraksi otot, fungsi saraf, pengaturan tekanan darah, dan lainnya. Ceri juga mengandung vitamin B, mangan, tembaga, magnesium, dan vitamin K.

2. Kaya akan antioksidan dan anti-inflamasi

Buah ini mengandung vitamin C, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Kandungan antioksidan tinggi yang terkandung dalam ceri dapat membantu memerangi stres oksidatif dan penuaan dini. Juga, membantu meredakan nyeri otot akibat olahraga, kerusakan, dan peradangan.

3. Membantu pemulihan otot

Sebuah penelitian menemukan bahwa buah ceri dapat mempercepat pemulihan otot, mengurangi nyeri otot akibat olahraga, dan mencegah kehilangan kekuatan pada atlet, seperti pesepeda dan pelari maraton.

 Buah kecil berwarna merah yang manis ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Baca juga: Rasa Kurang Lezat? Ketahui 7 Kesalahan Memasak Lobster

4. Bermanfaat bagi kesehatan jantung

Ceri kaya akan nutrisi dan senyawa yang dikenal dapat meningkatkan kesehatan jantung, termasuk antioksidan, kalium, dan polifenol. Ini diperlukan untuk menjaga detak jantung teratur dan membantu menghilangkan kelebihan natrium dan mengatur tekanan darah Anda.

 

5. Memperbaiki asam urat

Karena efek anti-inflamasi yang kuat, buah ceri dapat mengurangi gejala radang sendi dan asam urat.

6. Meningkatkan kualitas tidur

Ceri mengandung zat melatonin yang membantu mengatur siklus tidur Anda.

 

7. Cocok untuk diet

Anda bisa menikmati ceri dengan berbagai cara. Bisa dengan membuat kolak ceri, jus ceri, saus barbekiu ceri, atau menambahkannya di makanan penutup seperti pie dan es krim.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini