Insomnia, Sesak Napas dan Rambut Rontok Jadi Gejala Awal Serangan Jantung

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 28 November 2020 01:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 481 2317695 insomnia-sesak-napas-dan-rambut-rontok-jadi-gejala-awal-serangan-jantung-OBqyScxjMI.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

LEGENDA sepak bola Diego Armando Maradona akhirnya menutup usia akibat henti jantung. Sebelum henti jantung, memang Maradona kerap mengeluh dan dirawat karena penyakit jantung.

Penyakit jantung memang bisa muncul siapa saja dan menyerang secara tiba-tiba. Seperti dilansir dari Bright Side, ada beberapa tanda gejala serangan jantung yang bisa muncul satu bulan sebelum terkena serangannya.

Insomnia

Gejala lainnya yang juga dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung atau stroke adalah insomnia. Wanita lebih sering mengalami gejala ini. Tandanya adalah tingkat kecemasan yang tinggi, kesulitan memulai tidur, sulit bertahan tidur, dan bangun pagi.

Sesak napas

Sesak napas sering terjadi pada pria dan wanita hingga 6 bulan sebelum mengalami serangan jantung. Kondisi ini merupakan tanda peringatan medis. Gejala ini ditandai dengan kesulitan menarik napas dalam-dalam, tidak bisa mendapatkan cukup udara untuk bernapas, pusing, dan sesak napas.

Rambut rontok

Kehilangan rambut alias rambut rontok juga dianggap sebagai indikator risiko penyakit jantung. Kondisi ini biasanya terjadi pada pria di atas 50 tahun dan ada kemungkinan terjadi pada wanita. Rambut rontok dikaitkan dengan peningkatan kadar hormon kortisol yang bisa memicu stres dan pada akhirnya serangan jantung.

Baca Selengkapnya: Maradona Meninggal Dunia, Kenali 8 Gejala Terkena Serangan Jantung

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini