Waspada, Penuaan Bisa Berdampak pada Tulang dan Fungsi Organ Tubuh

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 28 November 2020 11:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 611 2317520 waspada-penuaan-bisa-berdampak-pada-tulang-dan-fungsi-organ-tubuh-LfFQnWDRQe.jpg Ilustrasi penuaan (Foto: Freepik)

Penuaan atau aging adalah hal yang ditakuti bagi sebagian orang. Tak sedikit orang yang khawatir dengan kondisi fisiknya yang mengalami perubahan seiring berjalannya waktu.

Perlu diketahui, penuaan tidak hanya terbatas pada perubahan bentuk fisik saja. Penuaan juga memiliki dampak yang besar pada kondisi kesehatan seseorang.

Dosen Dept Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor, Dr. Rimbawan Ph.D mengatakan, terdapat beberapa kekhawatiran utama terkait penuaan dengan kondisi kesehatan seseorang. Sebab penuaan akan memengaruhi sistem kerja tubuh seseorang seperti tulang atau sendi, jantung (kardiovaskular), dan sistem pernapasan.

Ilustrasi penuaan dini 

Baca juga: 5 Potret Cantik Shoumaya Tazkiyyah, Artis yang Diduga Inisial ST Prostitusi Online

“Mobilitas yang mencerminkan kualitas otot, tulang dan persendian. Proses sarcopenia mengakibatkan berkurangnya massa otot dan ada penurunan kekuatan otot yang sesuai. Tulang kehilangan kandungan mineralnya selama masa tua, terutama pada wanita,” ucap Dr. Rimbawan, dalam Zoom Meeting Media Briefing e-Wellness Tour 2020 tentang Healthy Aging Survei 2020, belum lama ini.

Alhasil, diet dan olahraga merupakan cara yang penting untuk pencegahan penurunan fungsi sitem tulang, persendian, dan otot. Sendi mengalami banyak perubahan, olahraga tidak dapat mencegah hal ini tetapi dapat membantu memperlambat proses.

Lansia dapat memperoleh manfaat dari pelatihan fleksibilitas, yang mempertahankan berbagai gerakan bahkan pada sendi rusak. Selain berdampak pada tulang yang memengaruhi mobilitas, penuaan juga dapat berakibat pada fungsi organ tubuh.

Dr. Rimbawan menjelaskan, sistem kardiovaskular mengalami perubahan karena perubahan pada otot dan arteri jantung yang menurunkan kapasitas aerobik, curah jantung, dan detak jantung maksimum.

Ilustrasi penuaan dini

“Penting bagi orang dewasa untuk menghindari lemak berbahaya dalam makanan dan melakukan pola latihan aerobik secara teratur, untuk meminimalkan perubahan dalam sistem kardiovaskular. Selain itu, sistem penurunan fungsi pernapasan karena pengerasan jaringan paru-paru. Tindakan pencegahan yang paling penting adalah menghindari atau berhenti merokok sejak dini,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini