Tidak Potong Rambut Selama 15 Tahun, Wanita Ini Dijuluki Rapunzel

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 13:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 612 2317273 tidak-potong-rambut-selama-15-tahun-wanita-ini-dijuluki-rapunzel-OenyffMrwD.jpg Rin Kambe pemilik rambut terpanjang asal Jepang. (Foto: Instagram @rin_rapunzel)

SEORANG wanita bernama Rin Kambe mendapat julukan sebagai "Rapunzel Jepang" karena rambut yang dimiliki panjangnya hampir 6 kaki atau sekira 182 sentimeter. Rambut panjang tersebut diperolehnya setelah tidak memotong selama 15 tahun.

Rin yang berasal dari Tokyo tidak pernah diizinkan menumbuhkan rambutnya saat kecil. Dia berada di tim sepakbola wanita sehingga harus membuat rambutnya tetap pendek. Tetapi ketika dewasa, Rin memutuskan memanjangkan rambutnya.

Baca juga: Manfaatkan Telur hingga Diet agar Rambut Sehat Berkilau 

Wanita yang kini berusia 35 tahun itu menggunakan rambut panjangnya sebagai senjata untuk mengungkapkan ekspresinya. Terakhir kali Rin memotong rambutnya 15 tahun lalu. Kini rambut hitamnya yang lurus berukuran 5 kaki 10 inci atau 4 inci lebih panjang dari tubuhnya.

Meskipun rambutnya terkadang menghalangi saat melakukan tugas-tugas yang paling sederhana seperti mengganti pakaian, penari dan model Jepang ini mengatakan menyukai rambut panjangnya. Ia bahkan menggambarkan rambut panjang adalah "keindahan Asia".

"Saya tumbuh dengan orangtua yang disiplin. Ketika masih kecil, saya berada di tim sepakbola putri dan selalu mendapat masalah karena ini," kata Rin Kambe, sebagaimana dilansir Oddity Central, Jumay (27/11/2020).

https://img-z.okeinfo.net/okz/500/library/images/2020/11/27/3vue12qy7ni604yz52bu_17216.jpg

Lebih lanjut Rin mengatakan telah menumbuhkan rambut ketika mulai menari dengan serius pada usia sekira 20 tahun. Kini rambut yang dirawatnya dengan baik telah setinggi lantai. Ia mulai menumbuhkan rambut karena ingin menjadi dirinya sendiri.

Rin mengatakan bahwa dia terus-menerus ditanyai apakah rambutnya asli. Ia pun menjelaskan reaksi orang-orang yang melihatnya pun beragam. Beberapa sangat terkesan olehnya, sementara beberapa menganggapnya terlalu berlebihan.

Baca juga: Perbaiki Pola Tidur Salah Satu Cara Atasi Masalah Rambut Lepek 

Meskipun telah menjadi sasaran komentar kebencian di media sosial karena penampilannya yang tidak biasa, Rin mengatakan telah belajar untuk menerima hal itu. Menurutnya setiap orang berhak atas pendapat mereka masing-masing.

"Banyak reaksi terhadap rambut saya. Ada pria di dunia yang menghargainya dan ada juga yang menganggapnya monster. Saya pikir wajar jika ada perbedaan pendapat di dunia dan jika tidak percaya diri, saya akan terpengaruh oleh opini negatif. Saya bersedia menerima pendapat orang lain," kata Rin.

Lebih lanjut Rin mengaku senang melihat orang-orang tertarik kepadanya. Rin mengubah rambut panjang menjadi kekuatan yang bersinar dengan caranya sendiri. Terlepas dari kritik, Rin menganggap rambutnya sebagai sesuatu yang indah.

Ia pun tidak berencana memotongnya dalam waktu dekat. Sebab rambut ini menjadi senjata ekspresi baginya. Ia bahkan telah menemukan cara untuk memasukkannya ke dalam rutinitas tariannya.

Baca juga: Tak Perlu Repot Perawatan, Ini 4 Tips agar Rambut Tumbuh Sehat 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini