Raja Karnivora, T-Rex Tumbuh Lebih Cepat Dibanding Dinosaurus Lain

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 22:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 612 2317440 raja-karnivora-t-rex-tumbuh-lebih-cepat-dibanding-dinosaurus-lain-WA626Y95qI.jpg Kerangka T-Rex Sue di Field Museum. (Foto: Lydia Fizz/IFL Science)

TYRANOSAURUS rex (T-rex) dikenal sebagai spesies dinosaurus yang selalu lapar dan pemarah. Raja karnivora ini memiliki pola percepatan pertumbuhan yang berbeda dari dinosaurus pemakan daging lainnya. Theropoda misalnya, mencapai ukuran maksimal melalui pertumbuhan yang lambat dan stabil.

Lazimnya tulang makhluk hidup dapat mencatat perkembangan dalam lapisan pertumbuhan. Hal ini kemudian yang diteliti oleh Dr Tom Cullen dari Field Museum, Chicago, Amerika Serikat, untuk melihat sifat universal pertumbuhan dinosaurus. Pengamatannya menyimpulkan bahwa T-rex dan kerabat terdekatnya mengalami peningkatan ukuran yang luar biasa pada masa remaja.

Baca juga: Fosil T-Rex Paling Lengkap Ditemukan Sedang Duel dengan Triceratops 

"Kami ingin melihat banyak Theropoda berbeda, dinosaurus karnivora berkaki dua, untuk memahami pola yang lebih luas dari pertumbuhan dan evolusi dalam kelompok," kata Cullen, seperti dikutip dari IFL Science, Jumat (27/11/2020).

Kerangka T-Rex Stan. (Foto: Rumah Lelang Christie's/Fox News)

Cullen coba mengebor tulang Theropoda dengan berbagai ukuran, termasuk Sue yang dikenal sebagai T-rex terbesar sepanjang masa. Cullen menemukan Sue berhenti tumbuh di usia 20 meski hidup sampai usia 33 tahun. Pada masa 15–20 tahun, Sue mencapai ukuran yang sangat besar begitu cepat dengan bobot 15 hingga 20 kilogram setiap pekan.

Baca juga: Pecahkan Rekor! Kerangka T-Rex Dilelang Ratusan Miliar Rupiah 

T-rex terus tumbuh selama hidupnya dan tidak pernah berhenti. Namun, terjadi percepatan pada usia remajanya membuat T-rex lebih cepat besar dibanding dinosaurus lainnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini