5 Tips Mengatasi Depresi Akibat Putus Cinta

Uthari Handayani, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 15:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 612 2317441 5-tips-mengatasi-depresi-akibat-putus-cinta-hzTfvnOwWN.jpg Depresi akibat putus cinta (Foto: With My Ex Again)

Kandasnya hubungan cinta dengan pacar adalah hal yang menyakitkan. Apalagi tanpa diberikan alasan pasti kenapa dia tega meninggalkan kita.

Putus cinta dengan cara seperti itu merupakan kejutan besar yang membuat kita bertanya-tanya apa kesalahan kita. Dan mengapa dia bisa sekejam itu? Bahkan bisa sampai membuat kita mempertanyakan eksistensi kita di dunia.

Seperti yang dilansir dari Womens Health Mag, percaya bahwa perasaan itu tidak akan bertahan selamanya. Selain itru yakinlah, Anda tetap berharga dan mulia meski pacar meninggalkan Anda. Perlu diingat cinta memang penting, tapi oksigen lebih penting

Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu mengatasi depresi agar kondisi Anda tak memburuk pasca-putus.

sedih

1. Komitmen dengan perpisahan

Semua terjadi bukan tanpa alasan. Jika dia meninggalkan Anda bergitu saja berarti ada yang coba disembunyikan. Yakinlah bahwa normal untuk masih memiliki perasaan terhadap mantan yang jelas-jelas tidak baik untuk Anda.

Tapi jangan lupa dengan perpisahan kemarin. Merelakan lebih baik daripada Anda mengemis cintanya lagi.

2. Blokir media sosialnya

Saat seseorang meninggalkan Anda di kehidupan nyata, tinggalkan juga dia dari kehidupan digital Anda. Seorang dokter mengatakan, stalking mantan hanya akan mengingatkan Anda akan kehadirannya.

Anda hanya mengulangi kesedihan yang sama setiap waktu. Jadi, lebih baik menghapus dia dari semua media sosial.

3. Konsultasi ke terapis

Putus cinta bisa memberikan pemikiran negatif pada diri Anda. Cobalah pergi ke terapis atau ke psikolog untuk membantu Anda move on. Susah jika harus menelusuri kesalahan apa yang telah Anda perbuat hingga mengakibatkan putus.

Tapi saat sudah tahu alasan pastinya, Anda bisa memulai perubahan pada apa yang menjadi tujuan hidup Anda.

4. Sibuk dengan hobi

Saat seseorang meninggalkan Anda, maka Anda sebaiknya tidak usah mempedulikannya lagi. Lalu sibukkan diri Anda dengan hobi yang Anda sukai.

Ini tak hanya membuat Anda merasa lebih baik. Namun juga bisa mengalihkan pikiran tentang perpisahan kemarin. Bangun lagi kepercayaan diri Anda yang menghilang pasca-putus.

Baca juga: Maradona Meninggal Akibat Henti Jantung, Kenali Gejala hingga Pencegahannya

5. Membuka hati

Lupakanlah yang telah lalu. Ikuti beberapa tips di atas dengan tujuan memperbaiki kesehatan diri. Ini mungkin berat dan membutuhkan waktu yang lama.

Namun jangan sampai lupa jika Anda bisa bertemu dengan orang baru yang lebih baik dari mantan pacar Anda. Bukalah saat hati Anda kembali utuh untuk orang baru. Anda berhak bahagia.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini