Terungkap, Hiu Raksasa Ini Huni Pembibitan 25 Tahun Sebelum Arungi Lautan

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 23:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 612 2317468 terungkap-hiu-raksasa-ini-huni-pembibitan-25-tahun-sebelum-arungi-lautan-AZjYVyrlPR.jpg Ilustrasi ikan hiu raksasa megalodon. (Foto: Humberto Ferron/Science Alert)

HIU terbesar yang pernah ada di lautan selalu membiarkan anaknya di zona air hangat dangkal. Bayi hiu yang disebut megalodon itu akan tinggal di sana sampai akhirnya dewasa dan siap mengarungi lautan. Namun ketika permukaan laut menurun akibat pembekuan, anak Otodus megalodon semakin kehilangan zona pantai tempat berlindung.

Tempat itu biasanya jadi lokasi berlindung dan persiapan diri. Hiu megalodon butuh waktu hingga 25 tahun untuk menjadi dewasa yang mencapai panjang 18 meter. Penelitian membuktikan bahwa pembibitan di wilayah kontinental dangkal dengan ikan kecil memberikan bayi megalodon mencapai ukuran raksasa.

Baca juga: Terungkap Ukuran Sebenarnya Ikan Hiu Purba MegalodonĀ 

"Hasil penelitian kami mengungkap pertama kalinya bahwa area pembibitan digunakan Otodus megalodon (O.megalodon) pada skala temporal dan spasial yang benar," kata para penulis penelitian, seperti dikutip dari Science Alert, Jumat (27/11/2020).

Hiu megalodon. (Foto: Oliver E Demuth/Phys)

Tim peneliti menemukan zona pembibitan di lepas pantai timur Spanyol di Provinsi Tarragona setelah mengunjungi museum dan mengamati koleksi gigi megalodon. Dilihat dari ukuran giginya, mereka menduga daerah itu pernah menjadi rumah megalodon muda.

Para peneliti juga menganalisis delapan set gigi hiu lain yang sudah dikumpulkan dari Amerika Serikat, Peru, Panama, dan Cile. Mereka menyimpulkan empat di antaranya (masing-masing dua di AS dan Panama) adalah milik hiu megalodon muda.

Baca juga: Peneliti Sebut Hiu Megalodon Jadi Kanibal sejak Sebelum LahirĀ 

Menurut penelitian ini, empat formasi yang tersisa menunjukkan struktur kelas ukuran yang khas dari populasi. Didominasi oleh hiu dewasa membuktikan wilayah ini jadi tempat makan atau kawin.

Hiu megalodon sudah punah sekira 3 juta tahun lalu. Kurangnya pembibitan air dangkal akibat permukaan laut yang menurun diduga menjadi salah satu penyebab kepunahan megalodon.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini