Tahukah Kamu, Seberapa Tinggi Balon Gas Terbang di Udara Bebas?

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Jum'at 27 November 2020 23:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 27 612 2317488 tahukah-kamu-seberapa-tinggi-balon-gas-terbang-di-udara-bebas-QKfHApN0g9.jpg Ilustrasi balon gas. (Foto: Ijeab/Freepik)

BALON gas sering ditemui dalam momen tertentu, seperti acara perpisahan hingga ulang tahun. Balon berisi helium ini dilepaskan hingga akhirnya menghilang di udara. Namun, pernahkah Anda mengira seberapa tinggi balon gas terbang di udara bebas?

Balon gas helium dapat mencapai beberapa mil di atas permukaan Bumi, namun tidak bisa sampai ke luar angkasa.

Baca juga: Duduk Terlalu Lama Sangat Buruk bagi Kesehatan, Imbangi dengan Cara Ini 

Menurut Robert Matthews dari Science Focus, balon gas mainan bisa naik hingga 6 mil. Sementara balon cuaca, terbuat dari bahan yang lebih tahan lama, bisa terbang tiga kali lebih jauh dari jarak tersebut.

Balon. (Rawpixel/Freepik)

Dikutip dari Mental Floss, Jumat (27/11/2020), ini dapat dijelaskan berdasarkan hukum Archimedes. Balon itu pertama kali mengapung karena heliumnya kurang padat daripada udara di luar. Saat balon naik lebih tinggi, tekanan udara di sekitarnya turun dan helium di dalamnya mengembang.

Baca juga: Baru Ditemukan, Lutung Gunung Berapi Ini Sudah Terancam Punah 

Ketika massa jenis balon cocok dengan massa jenis udara, kenaikannya akan berhenti. Helium yang mengembang menjadi terlalu banyak hingga akhirnya meledak.

Balon gas sebenarnya tidak disarankan untuk dilepas ke udara. Selain berdampak pada hewan liar di udara, balon gas helium juga dapat mengganggu penerbangan pesawat komersial.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini