5 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan di Musim Hujan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 28 November 2020 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 28 481 2317841 5-cara-mudah-menurunkan-berat-badan-di-musim-hujan-glfkqao5p1.jpg Musim hujan (Foto: Samaa TV)

Musim hujan membuat kita menjadi kurang aktif. Ini karena kita tidak bisa berolahraga di luar rumah, lebih sedikit minum air karena udara dingin, serta banyak menghabiskan waktu di rumah atau tidur dibalik selimut yang hangat.

Hal ini tentu akan memperlambat metabolisme yang tentunya akan menghambat program penurunan berat badan yang mungkin Anda jalani. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengubah strategi penurunan berat badan Anda sesuai dengan perubahan cuaca.

Anda dapat membuat beberapa perubahan positif dalam rutinitas dan diet harian, mengingat cuaca dingin dapat membantu Anda tetap pada jalur dan menurunkan berat badan.

Melansir Times of India, berikut 5 cara mudah menurunkan berat badan saat musim hujan.

 minuman hangat

1. Minum air hangat

Dalam hal menjaga kesehatan atau menurunkan berat badan, tingkat asupan air biasanya diabaikan. Tapi masalahnya menjadi lebih serius saat cuaca dingin seperti di musim hujan. Asupan cairan yang rendah menyebabkan dehidrasi, yang dapat meningkatkan rasa lapar Anda dan menurunkan kapasitas pembakaran lemak tubuh.

Karena itu, konsumsi air hangat di musim hujan. Tambahkan sedikit jus lemon, sedikit jahe parut dan beberapa daun mint yang dihancurkan dan sesap minuman hangat agar tetap sehat.

2. Makanlah dalam porsi kecil

Makanlah dalam porsi kecil. Kurangi asupan junk food. Selain itu, cobalah untuk tidak melewatkan waktu makan Anda. Konsumsi makanan dalam jumlah sedang dan isi piring Anda dengan protein dan makanan utuh.

3. Perhatikan asupan manis dan karbohidrat Anda

Kita cenderung mengonsumsi makanan kaya karbohidrat saat cuaca dingin karena kadar vitamin D dan serotonin yang rendah dalam tubuh. Kita cenderung menjangkau lebih banyak makanan olahan atau sering memesan makanan dari restoran. Semua ini dapat menyabotase penurunan berat badan.

4. Sempatkan diri untuk keluar rumah

Musim hujan dapat memengaruhi suasana hati serta kebiasaan makan Anda. Saat kita merasa lesu, kita secara otomatis mencari makanan yang menenangkan, yang umumnya tidak sehat dan penuh lemak.

Untuk mengatasi masalah ini, luangkan waktu di luar ruangan dan lakukan hal-hal yang menghibur Anda. Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang dikenal bisa memperbaiki mood seperti pisang, beri, oat, dan cokelat hitam.

Baca juga: Pesona Shineenat Wongvajirapakdi, Selir Raja Thailand yang Foto Syurnya Tersebar

5. Lakukan olahraga ringan

Tidak ada yang lebih baik dari selimut yang nyaman dan secangkir kopi hangat di pagi hari yang dingin. Untuk kesenangan sesaat ini, kita seringkali rela mengorbankan tujuan kesehatan dan kebugaran kita seperti tidak berolahraga saat cuaca dingin.

Akibatnya, kita membakar lebih sedikit kalori. Solusi sederhana untuk masalah ini adalah lakukan olahraga ringan dalam ruangan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini