6 Cara Keluar dari Hubungan Cinta yang Toxic

Uthari Handayani, Jurnalis · Sabtu 28 November 2020 07:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 28 612 2317769 6-cara-keluar-dari-hubungan-cinta-yang-toxic-CIlnLKK4mt.jpg Pacar toxic (Foto: My Sign Says)

Dalam hubungan percintaan yang sehat, seharusnya kedua pihak bisa saling mendukung hingga berkembang jadi pribadi yang lebih baik. Namun kenyataanya sebuah hubungan cinta tak selalu sehat.

Ternyata hubungan cinta bisa berubah menjadi toxic. Tanda sebuah hubungan toxic antara lain pacarmu atau pasanganmu tak memberikan privasi, mengasingkanmu dari teman dan keluarga, selalu menghinamu, selalu berbohong, suka mengancam, bahkan kadang memukul.

Seperti dilansir dari Lifehack, kalau sudah toxic begitu, sebaiknya kamu segera memutuskan hubungan dengan pacarmu. Begini cara memutuskan hubungan toxic, simak ya!

keluar dari hubungan toxic

1. Ketahuilah kamu layak mendapatkan yang lebih baik

Anggapan bahwa pacarmu adalah yang paling baik tidak benar. Apalagi jika dia sering meruntuhkan harga dirimu agar kamu tetap berada dalam hubungan ini. Ingatlah selalu nilai dirimu setiap hari.

Kamu benar-benar layak untuk mendapatkan yang lebih baik. Kamu sudah berkerja keras untuk memperbaiki hubungan ini, tapi terkadang kasih sayang saja tidak cukup. Kamu harus bangkit demi kesehatan mental dan fisikmu sendiri.

2. Bangun sistem pendukung

Alih-alih berfokus pada kesulitannya, fokuslah pada membangun sistem pendukung yang kamu butuhkan saat mengambil risiko.

Penelitian menunjukan bahwa dukungan dari keluarga dan teman selama masa sulit dapat menurunkan tekanan psikologis. Dukungannya membawa berkat dalam memudahkan kamu untuk melanjutkan hidup.

3. Tegaslah pada keputusanmu

Putus cinta memang sulit, tidak peduli keadaannya. Kamu meninggalkan kehidupan yang telah membesarkanmu.

Mungkin suatu saat ada momen di mana kamu tergoda untuk kembali merajut kasih dengannya, tapi tegaslah! Kamu berhak mendapatkan pasangan yang mencintai dan menghormatimu seutuhnya.

4. Putus kontak

Tidak hanya memutuskan hubungan tapi memutuskan kontak juga. Jika kamu masih terkoneksi dengannya bukan tidak mungkin kalian bisa kembali bersama.

Lihatlah ke depan, pertahankan motivasi kamu saat meinggalkan hubungan ini. Hapus dia dari media sosial, blokir nomor ponselnya, dan temukan cara untuk menghindarinya secara langsung. Tindakan ini akan memperjelas bahwa kamu tidak ingin berurusan lagi dengannya.

 

5. Putus karena sudah hancur

Jika kamu sudah putus asa, kamu mungkin sudah mencoba segala cara untuk mengubah kebiasaan “racun” dia. Ingatlah, dia tidak akan berubah, dan ini penting untuk diingatkan kepada dirimu sendiri.

Baca juga: Mantan Perias Ungkap Rahasia Kecantikan Putri Diana

6. Minta perlindungan

Belajar untuk keluar dari toxic relationship berbeda dengan menindaklanjutinya. Jika kamu kesulitan untuk meninggalkan dia yang kasar, suka mengancam, dan berbahaya, lindungilah dirimu dengan meminta bantuan dari orang terpercaya seperti teman atau keluarga.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini