Unik, Pria Susah Bernapas Ternyata Ada Koin dalam Hidungnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 28 November 2020 07:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 28 612 2317775 unik-pria-susah-bernapas-ternyata-ada-koin-dalam-hidungnya-GAqLfg2DTM.jpg Koin di hidung (Foto: Oddity)

Seorang pria berusia 59 tahun di Zelenograd, Rusia, hidup dengan kesulitan bernapas serius selama lebih dari setengah abad. Ternyata hal itu disebabkan oleh koin yang ia dorong dari hidungnya saat kecil dan terlupakan selama bertahun-tahun lamanya.

Dokter di Rumah Sakit Klinis Kota Konchalovsky di Zelenograd baru-baru ini melaporkan kasus unik dari seorang pasien. Pasien itu mengatakan bahwa ia tidak dapat bernapas sepenuhnya melalui lubang hidung kanannya selama beberapa bulan.

 pergi ke rumah sakit

CT scan menunjukkan bahwa saluran hidung kanannya benar-benar tersumbat oleh benda asing dengan kepadatan batu yang tertahan di posterior, dekat nasofaring. Kelengkungan septum yang lebih umum juga diamati, tetapi tidak akan menghalangi saluran hidung sepenuhnya dengan sendirinya.

Setelah diperiksa penyebabnya karena benda asing. Tetapi septum yang menyimpang telah menekankan kesulitan bernafas hingga pasien tidak punya pilihan selain mencari bantuan.

Pasien berusia 59 tahun itu tidak pernah memberi tahu dokter bahwa benda asing menjadi penyebab kesulitan bernapasnya, sebab ia sendiri tidak mengetahuinya.

Hanya setelah melihat CT scan dan benda bulat misterius, pria yang tidak disebutkan namanya itu ingat, pernah bermain dengan koin kecil satu kopeck. Kala itu ia mendorongnya ke hidung, saat berusia sekitar enam tahun.

Karena ibunya sangat galak, dia terlalu takut untuk mengatakan kepadanya bahwa koin itu tersangkut di lubang hidung kanannya.

Alhasil pria itu membiarkannya begitu saja, dan seiring berjalannya waktu ia melupakan semuanya. Awalnya dokter skeptis dengan ceritanya, tetapi setelah mengeluarkan koin selama operasi endoskopi yang berlangsung 1,5 jam dan memeriksanya, mereka mulai mempercayainya.

Rhinolith atau batu hidung yang biasanya terbentuk di sekitar benda asing (koin logam) menunjukkan bahwa benda tersebut telah berada di hidung pria itu selama beberapa waktu. Selama prosedur untuk mengeluarkan koin, dokter juga memperbaiki septumnya yang menyimpang. Sepktum tersebut semakin meningkatkan pernapasan hidungnya.

Namun, spesialis THT, Elena Nepryakhina mengatakan kepada Kantor Pers Moskow bahwa pria itu sangat muak karena hidungnya yang tersumbat sehingga ia mencabut perbannya segera setelah bangun dari anestesi.

Baca juga: Pesona Shineenat Wongvajirapakdi, Selir Raja Thailand yang Foto Syurnya Tersebar

Dokter mengatakan, pria itu beruntung karena bisa bernapas lega dan tak ada komplikasi serius yang disebabkan oleh benda asing untuk waktu yang lama.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini