11 Cara untuk Mencintai Diri Sendiri, Dicoba Yuk

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Sabtu 28 November 2020 09:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 28 612 2317802 11-cara-untuk-mencintai-diri-sendiri-dicoba-yuk-wUcsrESPTy.jpg Mencintai diri sendiri (Foto: Pinterest)

Setiap orang itu spesial. Punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda berhak dicintai oleh orang lain tetapi hal yang paling penting adalah mencintai diri Anda sendiri.

Jangan mengharapkan cinta dari orang lain sebab hanya akan membuat kecewa. Tak masalah perasaan orang lain terhadap Anda, yang terpenting Anda mencintai diri Anda sendiri. Sebab dengan menerima dan mencintai diri sendiri, Anda akan merasakan kebahagiaan.

Dilansir dari Lifehack, berikut ini beberapa cara untuk belajar mencintai diri sendiri.

 bersyukur

1. Mulai hari dengan bersyukur

Mulai hari Anda dengan bersyukur kepada Tuhan pencipta semesta alam yang sudah memberikan kehidupan kepada Anda, memberikan kesehatan dan makanan yang baik. Berkacalah, dan lihat betapa menawannya diri Anda. Lalu tersenyumlah.

2. Konsumsi makanan dan minuman sehat

Jaga kesehatan tubuh Anda agar tetap sehat dan bugar. Mengonsumsi buah dan sayur, juga vitamin jika diperlukan agar Anda tidak mudah lelah dan terkena penyakit.

3. Berhenti overthinking

Anda harus belajar berhenti overthinking. Daripada terus memikirkan dan mencemaskan hal-hal yang belum tentu terjadi, lebih baik menggunakan waktu untuk tidur dan istirahat. Jalani hidup dengan mindfulness.

4. Bergaul dengan orang-orang yang mencintai dan menyemangati Anda

Bergaulah dengan orang-orang yang mencintai Anda seperti teman, keluarga, dan orang yang peduli Anda saat Anda melewati masa-masa sulit. Biarkan mereka melihat dan mengingatkan betapa menakjubkannya Anda. Hal-hal positif yang mereka berikan akan terbawa kepada diri Anda.

5. Berhenti membanding-bandingkan diri dengan orang lain

Ketahuilah bahwa tidak ada orang di dunia ini seperti Anda, jadi Anda tidak bisa membandingkan diri Anda dengan orang lain.

Satu-satunya orang yang harus Anda bandingkan dengan diri Anda adalah diri Anda sendiri. Ingatlah kembali bahwa semua orang itu spesial, termasuk Anda.

Baca juga: Pesona Shineenat Wongvajirapakdi, Selir Raja Thailand yang Foto Syurnya Tersebar

6. Akhiri semua hubungan toxic

Siapa pun yang membuat Anda merasa terganggu, terancam, depresi, dan merasa tidak berharga segera tinggalkan. Sebab mereka tidak pantas menjadi bagian dari hidup Anda. Jauhi dan tinggalkan orang yang hanya merugikan diri Anda.

7. Beri apresiasi kepada diri sendiri

Rayakan kemenangan Anda tidak peduli seberapa besar atau kecilnya. Banggalah dengan apa yang telah Anda capai. Jika Anda bisa melewati masa-masa sulit seperti perceraian atau ditinggal mati keluarga, namun Anda masih bisa berdiri tegar, maka itu adalah pencapaian yang perlu Anda apresiasi.

Anda bisa mengapresiasi diri dengan makan makanan lezat di restoran, berbelanja barang kesukaan, atau berlibur di tempat impian.

8. Berani bilang "tidak"

Percayalah, mengatakan "tidak" itu tak membuat Anda jadi orang jahat. Bisa saja hal itu menjadi sesuatu yang tepat. Anda tidak bisa menuruti apa yang orang lain inginkan. Prioritaskan diri Anda adalah hal paling utama.

9. Maafkan diri Anda

Mungkin ada beberapa kesalahan yang membuat Anda merasa buruk dan malu. Lepaskan hal itu. Anda tidak bisa mengubah apa yang sudah terjadi. Jadikan sebagai pengalaman dan pelajaran di masa depan.

Terima kesalahan, maafkan diri Anda, dan jangan membenci diri sendiri. Sadarlah bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini, dan setiap orang pasti punya kelemahan dan kesalahan.

10. Bersikap realistis

Tidak ada orang di dunia ini yang bahagia setiap saat setiap hari. Kita semua manusia, yang pernah berbuat kesalahan dan merasakan emosi (baik dan buruk). Ini bukan suatu masalah. Berkreasilah dan ekspresikan diri Anda dengan cara apa pun yang Anda suka.

11. Lepaskan trauma dan luka masa lalu

Ini bisa menjadi hal yang sangat sulit dan mungkin suatu saat Anda perlu meminta bantuan orang lain. Ketika melepaskan hal-hal yang telah terjadi, rasanya beban seperti terangkat dari bahu dan tidak perlu membawanya lagi.

Temukan tempat bahagia Anda yang membuat Anda merasa benar-benar nyaman, tenang, bahagia, positif, bersemangat dalam hidup. Maafkanlah semua masa lalu dan trauma.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini