Kecanduan Media Sosial Bikin Kesepian, Atasi dengan 6 Cara Ini

Uthari Handayani, Jurnalis · Sabtu 28 November 2020 19:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 28 612 2317866 kecanduan-media-sosial-bikin-kesepian-atasi-dengan-6-cara-ini-HZKRW7zQ08.jpg Pergi ke spa untuk mengatasi kesepian (Foto: Culture Trip)

Terkoneksi secara digital tidak menjamin Anda terkoneksi secara sosial. Menghabiskan waktu dengan bermain media sosial seringkali mendekatkan kita pada kesepian dan menjauhkan dari kehidupan nyata.

Untuk mengurangi rasa kesepian tersebut, ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk lebih terhubung secara sosial.

 makan di restoran seafood

1. Perlakukan diri dengan baik

Singkirkan pemikiran negatif yang dapat membuat mood jelek. Berhentilah menyalahkan diri sendiri. Sebaliknya, Anda harus memperlakukan diri dengan baik. Pergi ke spa, salon, restoran mungkin bisa jadi pilihan untuk memperbaiki suasana hati. Kamu juga bisa mengajak teman makan di restoran bersama.

2. Membangun hubungan yang nyata

Membangun hubungan yang nyata dengan orang lain di kehidupan nyata bisa membantu mengatasi rasa kesepian. Coba sering bertemu dengan teman-teman atau keluargamu.

3. Fokus pada kehidupan nyata

Mulai untuk mengurangi penggunaan sosial media. Lalu lebih fokus pada kehidupan nyata, misalnya sapa tetangga kamu. Sapa kucing yang mampir ke rumahmu, beri mereka makan.

4. Gunakan waktu dengan bijak

Daripada berlama-lama main Instagram dan nonton Youtube. Lebih baik gunakan waktu Anda untuk bersosialisasi seperti makan di restoran bersama teman. Tentunya ikuti protokol kesehatan ketat ya.

5. Lakukan aktivitas yang melibatkan kerja sama

Berinteraksi dengan orang lain yang menyenangkan cukup efektif membunuh kesepian seseorang. Coba mengikuti acara sukarela dan kerja bakti di lingkungan rumah.

Baca juga: Pesona Shineenat Wongvajirapakdi, Selir Raja Thailand yang Foto Syurnya Tersebar

6. Jangan takut berbicara dengan orang asing

Tindakan kecil ini bisa memberi pengaruh untuk mengatasi kesepian Anda. Cobalah berbicara dengan orang asing, seperti penjaga kasir, satpam, pemilik toko. Tanyakan kabar mereka, dan doakan agar mereka sejahtera dan bahagia. Inimembantu Anda terhubung lagi secara sosial.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini